Gubernur Gorontalo Ajak Kejati Kawal Pemanfaatan Dana Desa

60DTK – Kota Gorontalo : Gubernur Rusli Habibie mengajak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Gorontalo untuk bersama-sama mengawal pemanfaatan dana desa.

Hal itu disampaikannya usai Pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang berlangsung di Kantor Kejati Gorontalo, Rabu (19/02/2020).

“Saya berharap Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani ini,  tidak hanya ditingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. Namun hingga ke desa-desa”, jelas Rusli.

Rusli menyebut, setiap desa yang tersebar di Gorontalo menerima dana yang cukup besar. Sehingga, pengawalan ini sangat penting dalam memastikan pemanfaatan dana desa benar-benar digunakan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Untuk desa se – Gorontalo itu sudah mengelola lebih dari Rp650 miliar, hampir Rp1 triliun dan itu langsung ke rekening masing-masing desa. Sehingga mereka butuh pendampingan dan pembinaan untuk mengelola uang sebanyak itu, agar pemanfaatannya benar-benar mensejahterakan desa”, urainya.

Sejalan dengan hal itu, Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo Jaja Subagja mengatakan, pihaknya mendukung upaya Pemerintah Provinsi untuk mengawal pemanfaatan dana desa. Pihaknya akan mencegah agar desa tidak salah dalam mengelola, apalagi sampai melakukan penyimpangan.

“Kita akan koordinasi dengan desa-desa untuk pemanfaatan dana desa yang baik. Jika ada desa yang ingin berkonsultasi, maka Kejati terbuka untuk melakukan audiens dan pendampingan untuk desa-desa”, tegas Jaja.

Jaja menambahkan, pemerintah pusat telah memberi kepercayaan kepada desa yang ada untuk mengelola dana desa tanpa melalui pemerintah daerah. Inilah yang menurutnya bahwa desa harus dewasa untuk mengelola dana tersebut.

“Jadi dengan penggunaan dana yang baik, maka harus memajukan desa tersebut”, tambahnya.

Diketahui, Pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) ini, diawali dengan penandatanganan oleh Kepala dan jajaran Kejaksaan Tinggi Gorontalo yang disaksikan oleh Gubernur Gorontalo, unsur Forkopimda serta Bupati/Walikota se – Gorontalo. (adv)

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles