Harga Tomat Naik, Begini Penjelasan Para Pedagang.

60DTK – GORONTALO : Naiknya harga buah tomat di pasaran membuat sejumalah pembeli harus menguras jumlah uang lebih besar dari sebelumnya hanya untuk memperoleh 1kg tomat. Hal tersebut di akibatkan harga tomat yang beberapa hari ini terus meninkat menjadi dua kali lipat dari harga sebelumnya, Rabu  (21/11/2018).

Sebelumnya harga tomat yang mencapai Rp, 7000/1kg berubah menjadi Rp, 14000/1kg. Menurut salah salah seorang pedagang (Ani) 42 tahun, yang ada di pusat perbelanjaan Pasar Sentral Kota Gorontalo siang tadi, kenaikan harga buah tomat tersebut akibat curah hujan yang hampir setiap harinya turun, sehinga berpengaruh pada pertumbuhan tomat.

“Kalau kami beli langsung ke petani dengan harga Rp, 10.000/ satu tas kupu-kupu. Itu pun keuntungan kami hanya sekitar Rp 4000/kg, ada juga yang rusak yang tidak layak lagi di jual. Kalau di hitung-hitung kami hanya mendapatkan 2.500/ kg untuk keuntungan bersih,” Jelasnya.

Suasan pembeli dan pedangang yang hendak membeli tomat di pasar sentral Kota Gorontalo. Foto: Mohamad Efendi/60dtk.com

Untuk sementara waktu, bahan pokok kebutuhan sehari-hari seperti Rica, Cabai, bawang merah dan lain-lain, harganya masih tetap normal. di perkirakan harga tomat akan terus naik,beberapa hari kedepan. Harganya pun akan kembali turun ketika kondisi cuaca mulai mendudukung kembali. Tambah Ani

Walau begitu, kenaikan harga buah tomat tidak berdampak pada jumlah pembeli setiap harinya. Menurut informasi di lapangan,kedatangan para pembeli tidak berkurang, dan masih tetap sama dengan sebelumnya. (mf).