Hasil Tangkapan Nelayan di Gorontalo Utara Tidak Dibatasi

  • Whatsapp
Hasi Tangkapan Nelayan di Gorontalo Utara Tidak Dibatasi
(Design: Siti Latifa 60TK)

60DTK, Gorontalo Utara – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan  Kabupaten Gorontalo Utara, Isjrak menegaskan, untuk para nelayan yang turun menangkap ikan tidak memiliki batasan untuk hasil tangkapan mereka.

Justru kata Isjrak, dengan hasil tangkapan ikan yang lebih banyak, tentu manfaatnya sangat banyak untuk masyarakat bahkan bagi para nelayan itu sendiri.

“Saya rasa soal kapasitas itu tidak ada batasanya, lebih banyak kan lebih bagus, tapi juga harus disesuaikan dengan ketersediaan perahu ataupun kapal yang mereka miliki, jangan perahu yang kecil, terus mereka ingin menangkap ikan dengan jumlah yang cukup banyak, misalnya 1 Ton lebih, sudah pasti perahunya, akan tenggelam,” ujar Isjrak, Rabu (19/05/2021).

Hasi Tangkapan Nelayan di Gorontalo Utara Tidak Dibatasi
(Design: Siti Latifa 60TK)

Tidak hanya itu saja, ia juga mengingatkan kepada para nelayan untuk menghindari perilaku – perilaku yang dapat merusak ekosistem laut saat melakukan penangkapan ikan.

“yang penting jangan merusak ekosistem laut, jangan menggunakan bom ikan, jangan menggunakan potasium dan lain sebagainya yang dapat merusak kehidupan laut,” tegas Isjrak.

Olehnya itu, tidak hanya para nelayan saja, akan tetapi seluruh masyarakat yang ada di Gorontalo Utara kiranya dapat berkerja sama untuk menjaga ekosistem laut.

Baca Juga: Tidak Hanya Menangkap Ikan, Nelayan Gorut Juga Diminta Peduli Ekosistem Laut

“Olehnya itu, mari kita sama – sama menjaga dan melestarikan ekosistem laut. Tidak hanya para nelayan saja, melainkan juga seluruh masyarakat, baik lokal ataupun yang datang ke tempat – tempat wisata, untuk tidak membuang sampah di laut dan kalaupun melihat ada sampah, itu diangkut dan dibuang pada tempatnya,” lanjutnya

Diakhir kata, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Gorut itu menegaskan, agar para nelayan perlu juga memperhatikan keselamatan pada saat melaut.

“Jangan hanya mengejar hasil tangkapan yang banyak, harus juga di perhatikan adalah keselamatan diri ketika di laut. Apalagi di saat sekarang, yang keadaan cuacanya sewaktu-waktu bisa ekstrim yang tentu sangat membahayakan para nelayan. Keselamatan diri adalah yg utama,” tutup Isjrak. (adv)

Pos terkait