Ikatan Apoteker Indonesia Gorontalo dan BPOM Bagikan Antiseptik Gratis Untuk Masyarakat

60DTK-Gorontalo: Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Gorontalo, bersama Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Gorontalo, membagi – bagikan 240 antiseptik (hand sanitizer) gratis kepada masyarakat di wilayah Jenderal Sudirman, Kelurahan Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, tepatnya di depan Kantor RRI Gorontalo, Rabu (25/03/2020).

Sekretaris penanggulangan bencana IAI Gorontalo, Nirmala Rasyid mengungkapkan, pembagian ini dilakukan untuk menanggapi banyaknya masyarakat yang membuat antiseptik sendiri, dengan prosedur dan ketentuan yang tidak sesuai.

Baca juga: Fraksi Golkar Deprov Bagikan Masker Gratis Untuk Masyarakat

“Kita membuat ide untuk pembuatan hand sanitizer, karena sudah banyak beredar di masyarakat untuk pembuatan di rumah, sedangkan pembuatannya harus benar – benar steril,” tutur Nirmala kepada awak media.

Ia juga mengungkapkan, selain itu, tujuan pembagian antiseptik gratis ini adalah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan antiseptik, namun belum mampu membelinya.

Baca juga: UNBK Di Gorontalo, Siswa Wajib Cuci Tangan Sebelum Masuk Ruangan

Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Gorontalo, bersama BPOM Gorontalo, saat mebagi – bagikan antiseptik kepada masyarakat di depan Kantor RRI, Rabu (25/03/2020). (Foto – Hendra 60dtk)

“Apalagi masyarakat pengguna bentor, masyarakat umum yang tidak bisa menjangkau membeli hand sanitizer,” jelasnya.

Ia pun mengaku, pembagian antiseptik kali ini masih pada tahap pertama, mengingat terbatasnya bahan pembuatan antiseptik yang ada. Meski begitu, ke depannya pihaknya masih akan melakukan pembagian antiseptik gratis untuk tahap kedua.

Baca juga: Wakil Gubernur Pastikan Pandemi Covid-19 Belum Berdampak Pada Ekonomi Gorontalo

Sementara itu, Kepala BPOM Gorontalo, Yudi Noviandi membeberkan, pembuatan antiseptik yang dibagikan kepada masyarakat kali ini benar – benar sudah sesuai standar yang ada, dan tidak asal – asalan.

“Hari ini Balai POM bekerja sama IAI Gorontalo, telah melakukan pembuatan hand sanitizer dan hari ini akan distribusikan pada masyarakat. Ini pembuatannya sudah sesuai standar,” tutup Yudi.

 

Pewarta: Hendra Setiawan

Comments are closed.