Ini Dia 5 Program Utama Presiden di 2020 – 2024

60DTK-Kabupaten Gorontalo: Seluruh kepala pemerintah daerah, baik bupati, wali kota, dan gubernur se – Indonesia mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka membahas berbagai program pemerintah pusat terkait Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 – 2024, yang berlangsung di Istana Negara.

Adapun terkait rapat tersebut, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengungkapkan, Musrenbang kali ini membahas lima sektor yang menjadi program utama Presiden Republik Indonesia (RI) dalam RPJMN 2020 – 2024.

Baca juga: Musrenbangnas RPJMN 2020-2024, Gubernur Rusli : Program Gorontalo Sesuai Arahan Presiden

“Ada beberapa pesan dari presiden terkait lima program utamanya, yakni kaitannya dengan infrastruktur, SDM, reformasi birokrasi, regulasi, dan transfromasi, serta ekonomi. Itu yang saya kira dibicarakan tadi,” ujar Nelson usai Musrenbang, Senin (16/12/2019).

Nelson pun menuturkan, dalam rapat tersebut, seluruh kepala pemerintah daerah juga mendapatkan arahan dari beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju, di antaranya Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud Md, serta Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Baca juga: RPJMN 2020-2024, Gorontalo Siapkan 5 Isu Strategis

Ia menjelaskan, arahan dari Menkopolhukam lebih menitikberatkan pada penataan demokrasi, reformasi birokrasi, regulasi, termasuk menangkal radikalisme.

“Kemudian Menko Perekonomian, terkait regulasi lapangan kerja dan kaitannya dengan ekonomi dan pengembangan SDM. Infrastruktur yang terus didorong khususnya jaringan – jaringan sirkulasi transformasi. Terakhir, transformasi ekonomi mengurangi impor dan memperbesar ekspor,” tandas Nelson. (rls)

 

Penulis: Andrianto Sanga

Sumber: Humas Pemkab Gorontalo

Comments are closed.