Jembatan Gantung di Bandungan Akan Dibangun Lagi Secara Permanen

  • Whatsapp
Wagub Gorontalo, Idris Rahim (tengah), saat meninjau lokasi jembatan gantung yang roboh di Desa Bandungan, Kecamatan Bulango Utara, Kabupaten Bone Bolango, Jumat (17/07/2020). (Foto - Haris Humas)

60DTK, Gorontalo – Jembatan gantung di Desa Bandungan, Kecamatan Bulango Utara, Bone Bolango, yang ambruk akibat longsor, kini sudah diagendakan untuk dibangun kembali. Hal itu berdasarkan hasil usulan ke Kementerian PUPR sebelumnya.

Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo, Idris Rahim mengatakan, pembangunan kembali jembatan tersebut memang harus dilakukan, sebab jembatan itu merupakan akses Desa Bandungan, Kecamatan Bulango Utara; dan Desa Kramat, Kecamatan Tapa.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

“Jembatan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Dan sesuai informasi dari Kepala Bidang Bina Marga Kabupaten Bone Bolango, pembangunan kembali jembatan ini sudah diusulkan ke Kementerian PUPR,” ujar Idris saat meninjau lokasi jembatan, Jumat (17/07/2020).

Baca juga: Rusli Habibie Temui Kepala BPKP RI Terkait Dukungan SDM

Untuk itu, kata Idris, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo harus terus bersinergi, sehingga jembatan yang menjadi akses masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari itu bisa dibangun lagi.

“Kita harus bersinergi untuk membangun infrastruktur dasar yang sangat dibutuhkan masyarakat, agar bisa menjamin lancarnya lalu lintas orang, barang, dan jasa,” tegasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kabid Bina Marga Dinas PUPR Provinsi Gorontalo, Fandit Ahmad. Ia menjelaskan, tindak lanjut pelaksanaan pembangunan jembatan ini memang harus bekerja sama dengan Dinas PUPR Bone Bolango.

Baca juga: Gubernur Rusli Habibie Sampaikan Banyak Hal Saat Bertemu Tiga Menteri

“Kami bersama teman-teman di Bone Bolango, PJN, dan Balai Jalan Gorontalo, akan bersinergi dan saling berkoordinasi untuk terwujudnya pembangunan jembatan Bandungan ini,” tutur Fandit.

Sementara itu, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Bone Bolango, Vera Abbas mengatakan, usulan pembangunan kembali jembatan gantung yang roboh ini sudah diusulkan ke Kementerian PUPR, bahkan jembatan ini akan dibuat permanen dengan rangka baja.

“Kita sudah mengusulkan jembatan permanen dengan rangka baja ke Kementerian PUPR lewat Balai Jalan. Mudah-mudahan bisa terealisasi,” ucap Vera. (adv)

 

Pewarta: Hendra Setiawan

Pos terkait