KPU Kabupaten Blitar Gelar Raker Perekrutan PPDP

60DTK, Blitar – Genjot Kesiapan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar mulai membentuk Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santoso, disela-sela acara kepada 60DTK mengatakan, bahwa jadwal pembentukan PPDP dimulai pada 24 Juni sampai 14 Juli 2020. Masa kerja mereka dimulai pada 15 Juli sampai 15 Agutus 2020.

“Mereka bertugas melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih dengan masa kerja satu bulan,” ungkap Hadi, Rabu (24/6/2020).

Baca Juga: Sosialisasi PKPU No. 5, KPU Kabupaten Blitar Pastikan Tidak Ada Cluster Baru

expo

Namun sebelumnya, kata Hadi, perekrutan ini nantinya yang mengusulkan adalah Panitia Pemungutan Suara (PPS) masing-masing, sementara KPU Kabupaten Blitar hanya sebagai penerima usulan tersebut.

“Hari ini, kita juga mengadakan rapat kerja (Raker) dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melalui daring terkait dengan pembekalan untuk rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), selanjutnya diinformasikan ke PPS untuk melakukan rekrutmen satu PPS satu orang petugas,” jelasnya.

Baca Juga: Lanjutan Tahapan, KPU Kabupaten Blitar Lantik PPS

Kemudian di informasikan oleh Ketua KPU Kabupaten Blitar untuk  jadwal penetapan PPDP yakni pada 10 Juli 2020. Sedangkan pada 11 sampai 14 Juli 2020, KPU Kabupaten Blitar bakal mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) kepada PPDP.

Sementara terkait dengan jumlah PPDP yang diperlukan, kata Hadi, hari ini masih koordinasi dengan PPK bagian data untuk mengadakan finalisasi pemetaan TPS, sehingga nantinya dapat diketahui jumlah PPDP

“Hal ini sesuai dengan surat KPU RI Nomer 421 dan Nomer 485, disebutkan satu TPS satu PPDP. Dan mungkin besok sudah bisa kita sampaikan berapa jumlah PPDP,” ujarnya.

 

 

Pewarta: Achmad Zunaidi

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles