Layak Jadi Contoh! Pemdes Molowahu Bantu Bangun Rumah Layak Huni

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat miskin setiap tahunnya selalu dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah. Hanya saja, anggaran untuk bantuan tersebut masih terbatas, karena masih banyak program lain yang juga penting dijalankan.

Melihat keterbatasan itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Molowahu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, berinisiatif membantu keterbatasan pemerintah pusat dan daerah tersebut.

Pada tahun 2020 lalu, Pemdes Molowahu mulai mengumpulkan dana dari seluruh aparat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), serta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). Setelah berjalan setahum, total dana yang terkumpul ada sekitar Rp.15 juta.

Pemdes Molowahu Bantu Bangun Rumah Layak Huni
Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Hadijah U. Tayeb, Menyerahkan Secara Simbolis Bantuan Pembangunan Rumah Layak Huni Kepada Salah Satu Warga Desa Molowahu, yang Bersumber dari Swadaya Aparat Desa Molowahu, Kamis (01/04/2021). Foto: Istimewa

Seluruh dana itu telah diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Hadijah U. Tayeb, kepada salah satu masyarakat desa setempat yang dinilai sangat membutuhkan, Kamis (01/04/2021).

“Soal rumah layak huni, dari tahun kemarin kita ini hanya dapat 25 unit. Tahun ini juga 25 unit, tapi belum realisasi. Karena keterbatasan ini kita aparat desa, BPD, LPM gotong royong kumpul dana untuk membangun rumah layak huni. Kita baru mulai (pertama kali) ini,” kata Kepala Desa Molowahu terpilih, Irwandi Ibrahim, yang sebelumnya juga menjabat PAW Kepala Desa Molowahu.

Irwandi mengatakan, pengumpulan dana untuk bantuan rumah layak huni tersebut akan terus dilaksanakan setiap tahun. Bahkan ke depan, Ia akan melibatkan masyarakat setempat.

Baca Juga: Tidak Digaji, Nelson Minta TP-PKK Tetap Bekerja Ikhlas Bangun Daerah

“Setiap tahun ini kita pasti bisa dapat Rp.15 juta. Kita juga akan sosialisasikan sistem gotong royong ini kepada masyarakat, semoga mereka akan ikut juga. Kalau begitu, mungkin kita bisa bangun sampai 5 unit setiap tahun. Saya juga berharap, semoga ini bisa jadi contoh bagi desa lain,” tandasnya.

Menanggapi hal ini, Sekda Kabupaten Gorontalo, Hadijah U. Tayeb, memberikan apresiasi kepada seluruh aparat Desa Molowahu, khususnya Kepala Desa Molowahu terpilih, Irwandi Ibrahim. Pasalnya, inisiatif mereka sangat membantu pemerintah daerah.

“Rumah layak huni ini adalah program yang sudah dijalankan sebelum ayahanda terpilih ini maju di Pilkades. Dan alhamdulillah bantuan ini sudah dilaksanakan (diserahkan-red) sekarang,” tandasnya. (adv)

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles