Mantapkan Koordinasi, Wagub Gorontalo Sempatkan Diri Kunjungi Posko Perbatasan Bolmut

  • Whatsapp
Wagub Gorontalo, Idris Rahim (tengah), saat mengecek kesiapan posko perbatasan Gorontalo--Sulawesi Utara di Kecamatan Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara, Sabtu (1/05/2021). (Foto: Haris, Humas Pemprov)

60DTK, Gorontalo – Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo, Idris Rahim menyempatkan diri mengunjungi posko perbatasan Sulawesi Utara yang ada di Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Sabtu (1/05/2021).

Hal itu Ia lakukan saat sedang melakukan kunjungan kerja ke Gorontalo Utara, untuk memantau kesiapan posko perbatasan di Kecamatan Atinggola.

Bacaan Lainnya
Wagub Gorontalo, Idris Rahim (tengah), saat mengecek kesiapan posko perbatasan Gorontalo–Sulawesi Utara di Kecamatan Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara, Sabtu (1/05/2021). (Foto: Haris, Humas Pemprov)

“Karena ini menyangkut perbatasan kedua provinsi, maka kita harus saling berkoordinasi dan bersinergi agar penutupan perbatasan ini berjalan lancar dan sukses,” ujar Idris.

Baca juga: Pemprov Gorontalo Akan Pinjamkan Mobil Operasional Untuk TNI AU

Menurutnya, posko perbatasan Bolmut sangat penting untuk mencegah pemudik dari wilayah Manado dan sekitarnya yang akan memasuki Provinsi Gorontalo. Sebaliknya, posko perbatasan Atinggola juga bertugas untuk menghalau warga dari Gorontalo yang akan memasuki Provinsi Sulawesi Utara.

“Ini harus bisa kita implementasikan dengan baik agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di perbatasan,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo, Jamal Nganro menuturkan, dari hasil koordinasinya dengan jajaran Dinas Perhubungan Kabupaten Bolmut diperoleh informasi bahwa pemeriksaan kendaraan di Bolmut akan dilakukan secara berjenjang mulai dari pos Polsek yang ada di jalan Trans Sulawesi. Dengan metode itu, diharapkan jumlah kendaraan yang bisa sampai di perbatasan Sulawesi Utara dan Gorontalo lebih sedikit.

Baca juga: Tanah Hibah Untuk Pengembangan Bandara Jalaluddin, Kembali Dibahas

“Upaya teman-teman di Bolmut sangat bagus. Dengan metode ini diharapkan tidak ada lagi kendaraan yang akan memasuki wilayah Gorontalo,” tutur Jamal.

Jamal menambahkan, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi kepada pengusaha angkutan bus AKAP dan angkutan sewa untuk tidak melayani angkutan mudik pada tanggal 6 hingga 17 Mei 2021.

“Kendaraan dari Manado akan diminta putar balik oleh tim posko yang ada di Bolmut, begitu juga yang dari Gorontalo akan dihalau di posko Atinggola,” tandas Jamal. (adv)

 

Sumber: Gorontaloprov.go.id

Pos terkait