Memilih Buku Itu Tak Sesulit Memilih Pasangan Hidup! Ayo, Membaca!

60DTK-Gaya Hidup: Memilih buku yang akan dibaca memang menjadi salah satu halangan terbesar ketika seseorang ingin mulai membaca. Cukup sulit memang menemukan sebuah buku yang benar-benar sesuai genre atau alur cerita yang kita inginkan. Sinopsis yang ada di sampul belakang buku pun kadang tak banyak membantu. Alhasil, bukannya mulai membaca, waktu kita lebih sering habis hanya untuk memilih dan memilah buku.

Lalu, apa yang harus kita lakukan agar tidak melalui hal menyebalkan ini dan bisa mulai membaca buku yang benar-benar kita inginkan dengan tenang? Ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan:

Baca juga: Jamil Massa Dan Puisinya Yang Sarat Makna

  1. Mencari dan Membaca Sinopsis Buku

Ini langkah pertama. Kita bisa pergi ke toko buku atau ke perpustakaan untuk melakukan hal ini. Melihat sampul dan membaca sinopsis sebuah buku bisa memberikan kita gambaran umum tentang buku itu sendiri, serta berpotensi mendorong kita untuk membaca buku tersebut. Dengan langkah ini, kita bisa memiliki banyak referensi buku-buku yang sesuai keinginan kita, serta dapat melakukan perbandingan antara satu buku dengan buku yang lainnya.

  1. Membaca Berbagai Review Buku

Jika langkah pertama kurang berhasil, kita bisa mencoba langkah kedua ini. Memang, review buku lebih bisa memberikan gambaran lebih banyak dan luas tentang sebuah buku ketimbang sinopsis yang ada di sampul belakang buku itu sendiri. Jika sinopsis hanya memuat satu sampai tiga paragraf tentang buku itu, review buku bisa lebih panjang hingga dua halaman. Namun, karena review buku bisa ditulis oleh siapa saja, di media apa saja, dan lebih sering bersifat opini, kita juga harus hati-hati memilih review mana yang akan kita baca. Karena bisa saja opini si penulis tentang buku tersebut bagus, tapi bagi kita tidak. Hal ini bisa kita siasati dengan memilah siapa penulisnya.

Baca juga: Cinta Itu Benar Dan Manis Adanya

  1. Bertanya dan Meminta Rekomendasi

Jika langkah kedua juga masih cukup sulit, langkah ketiga ini bisa jadi alternatif paling ampuh. Kita bisa bertanya pada teman-teman, guru, atau siapa pun yang kita lihat lihai dalam membaca buku. Dengan bertanya dan meminta rekomendasi, kita bisa sekalian berkonsultasi secara terbuka tentang genre-genre buku yang sebenarnya kita inginkan. Karenanya, cara terakhir ini bisa jadi juga cara yang paling asik ketimbang cara-cara lainnya yang notabene hanya mengemukakan komunikasi satu arah.

Bagaimana? Cukup mudah, bukan? Yang pasti, memilih buku tidak sesulit memilih pasangan hidup, hehe.

Ayo, carilah buku yang kita inginkan, dan mulailah membaca! (rds/60dtk)

 

 

 

.

Comments are closed.