Nelson dukung Boliyohuto cs Jadi Daerah Otonomi Baru

  • Whatsapp
Suasana rapat persiapan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Boliyohuto, Jumat (08/11/2019). (Foto - Humas Pemkab Gorontalo)

60DTK-Kabupaten Gorontalo: Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengaku sangat mendukung wilayah Boliyohuto cs menjadi satu Daerah Otonomi Baru (DOB). Bukan tanpa alasan, menurut Nelson, aspirasi masyarakat akan hal ini sudah ada sejak 10 tahun lalu. Selain itu, wilayah yang terdiri dari Lima kecamatan tersebut terus mengalami perkembangan mulai dari faktor SDM, infrastruktur, hingga ekonomi.

“Melihat perkembangan yang ada, saya berpikir ini (Boliyohuto cs) harus dimekarkan,” ujar Nelson saat menghadiri rapat dan diskusi dengan masyarakat Boliyohuto cs dalam rangka pembahasan persiapan pembentukan DOB Kabupaten Boliyohuto, Jumat (8/11/2019).

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Baca juga: Kolam Renang Boliyohuto Masih Jadi Pilihan Tempat Berlibur

Nelson pun menjelaskan, guna mendukung terbentuknya Kabupaten Boliyohuto ini, selama 3 tahun terakhir, pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo terus berupaya mendorong perkembangan, baik di bidang SDM, ekonomi, hingga infrastruktur.

Untuk sektor SDM, pemerintah melakukannya dengan jalan pemberian beasiswa. Bagi sektor ekonomi, pemerintah melakukannya dengan mendorong pengembangan pertanian dan peternakan. Sementara dari segi infrastruktur, pemerintah terus mendorong pembangunan jalan, terminal, pintu gerbang, serta rumah sakit di Kecamatan Boliyohuto.

Baca juga: Tak Kunjung Selesai, Nelson Segera Tuntaskan Pembangunan SD N 19 Telaga Biru

“Tahun depan nanti, Pelabuhan Bilato juga sudah akan dibangun, dan akan menambah jumlah PAD,” ungkap Nelson.

Bupati bergelar Prof. itu pun menambahkan, dalam rangka mempercepat lahirnya Kabupaten Boliyohuto ini, pemerintah Kabupaten Gorontalo juga telah membentuk tim pendamping yang diketuai oleh Asisten Pemerintahan, Selmin Papeo, dibantu oleh Kepala BKD-Diklat, Safwan Bano sebagai sekretaris.

Baca juga: Nelson Imbau Takmirul Masjid Semarakkan Maulid Nabi

“Wacana pembentukan DOB Boliyohuto ini sudah ada sejak 10 tahun lalu. Maka secara otomatis sudah banyak perubahan terkait peta wilayah dan sebagainya. Jadi ini perlu dikaji kembali sehingga data di pusat juga akan diubah ketika tim memaparkan kembali hasil kajiannya,” pinta Nelson.

Menanggapi berbagai penyampaian Nelson, perwakilan presidium pembentukan Kabupaten Boliyohuto, Wahid Badu pun menyampaikan rasa terima kasihnya.

Baca juga: Meski Temui Kendala, Nelson Optimis Dulamayo Cs Jadi Kecamatan

“Terima kasih kepada Pak Bupati, dalam hal ini pemerintah daerah yang telah memberikan dukungan sepenuhnya untuk melahirkan DOB ini,” ucapnya mantap. (adv/rls)

 

Penulis: Andrianto Sanga

Pos terkait