Permudah Layanan, Pemprov Gorontalo Launching Aplikasi Mootame

60DTK, Gorontalo – Sebuah aplikasi pelayanan yang disebut “Mootame” resmi di launching oleh Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Jumat (26/06/2020).

Acara peresmian aplikasi yang dikembangkan oleh Dinas Penanaman Modal, ESDM, Transmigrasi dan Ketenagakerjaan Provinsi Gorontalo itu berlangsung di Desa Poduwoma, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango.

“Aplikasi ini saya nyatakan resmi untuk digunakan sebagai sarana meningkatkan kualitas penyelenggaraan perizinan untuk mendukung program pemerintahan yang lebih melayani di Provinsi Gorontalo,” ujar Wagub Idris Rahim saat launching aplikasi Mootame.

Baca Juga: Pembangunan Pembangkit Tenaga Listrik Di Bone Bolango Kembali Dipacu

Sebutan atau nama dari aplikasi tersebut berasal dari bahasa Gorontalo yang berarti “Dapat Menolong”. Idris menyebut bahwa kehadiran aplikasi tersebut menjadi suatu inovasi dalam mendukung salah satu program Pemprov Gorontalo yakni melayani.

“Sesuai dengan namanya, saya berharap aplikasi ini dapat membantu dan memberikan pelayanan yang cepat kepada setiap masyarakat yang mengurus izin,” harap Idris.

Baca Juga: Kearifan Lokal Gorontalo Sejalan Dengan New Normal Life

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Tim Teknis Aplikasi Mootame, Masrul, menjelaskan sejumlah manfaat dari penggunaan aplikasi tersebut. Selain dapat melihat proses dan tahapan perizinan, pemohon juga bisa mendapatkan informasi apabila ada dokumen yang kurang.

Manfaat lainnya dari aplikasi ini ialah bisa mempercepat proses pengurusan izin. Sebab pengurusannya secara otomatis memberitahukan kepada tim teknis terkait batas waktu sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku.

“Jadi aplikasi ini akan memberitahukan kepada tim teknis bahwa batas waktu sesuai SOP misalnya tinggal satu atau dua hari. Otomatis mereka akan segera merespon dan menyelesaikannya,” tandas Masrul.

Untuk diketahui, Aplikasi Mootame saat ini sudah bisa diunduh di Play Store. Bagi warga yang tidak memiliki gawai, dapat memanfaatkan aplikasi Mootame melalui laman mootame.gorontaloprov.go.id. (adv)

 

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles