PUPR Gorontalo Bekali Tenaga Kerja Konstruksi dengan MTU

  • Whatsapp
Kepala Bidang Jasa Konstruksi Fri Sumiyati Bilakonga mengalungkan id card secara simbolis kepada peserta pembekalan tenaga tukang konstruksi, Senin (26/08). Foto: Istimewa

60DTK – Gorontalo: Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang jasa kontruksi, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo membekali Tenaga Kerja Tukang Konstruksi dengan menggunakan Mobile Training Unit (MTU) di Kantor Desa Libungo, Kecamatan Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango, Senin (26/08).

Menurut Kepala Bidang Jasa Konstruksi Fri Sumiyati Bilakonga, pembekalan tenaga tukang konstruksi dengan MTU yang dilaksanakan oleh dinas PUPR Provinsi Gorontalo di Desa Libungo merupakan implementasi dari Undang – Undang No.2 Tahun 2017.

“Kehadiran kami di sini memberikan pembekalan tenaga kerja tukang ini, didasari oleh Undang – Undang No.2 Tahun 2017 tentang jasa konstruksi pasal 70 ayat 1 bahwa setiap tenaga kerja konstruksi yang bekerja di bidang jasa konstruksi itu, wajib memiliki sertifikat kompetensi kerja”, kata Sumiyati.

Selain itu Sumiyati juga menjelaskan, dengan keterbatasan anggaran yang ada pada dinas PUPR Provinsi Gorontalo, tahun ini hanya dapat melaksanakan pembekalan tenaga jasa kontruksi di tiga desa dengan jumlah 25 peserta, yaitu desa Boludawa Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango, Desa Libungo Kecamatan Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango dan Desa Payunga Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo.

“Karena kerterbatasan anggaran yang ada pada kami, jadi hanya untuk 25 peserta di setiap desa. Makanya untuk 2019 ini, hanya ada tiga desa yang bisa melaksanakan kegiatan pembekalan tenaga kerja tukang kontruksi dengan menggunakan MTU ini”, jelas Sumiyati.

Pembekalan ini menghadirkan pemateri dari Lembaga Pengembang Jasa Konstruksi (LPJK) Abdul Rahman Lakadjo dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Gorontalo Rahmad Pantoiyo selama dua hari ke depan.

Sumiyanti berharap kepada seluruh peserta untuk bisa mengikuti dengan baik, agar bisa memiliki kompetensi yang lebih baik dari sebelumnya

Sementara itu, Sekretaris Camat Suwawa Selatan Ira Susanti Rahman sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas PUPR Provinsi Gorontalo di Desa Libungo.

“Menurut saya, kegiatan ini sangatlah penting bagi masyarakat. Karena sebagian masyarakat yang ada di sini profesinya sebagai tukang. Jadi saya berterima kasih kepada kepada dinas PUPR khususnya Pemprov Gorontalo yang telah mengadakan pembekalan terhadap tenaga-tenaga tukang yang ada di desa Libungo ini”, ungkap Ira. (rls/adv)

Pos terkait