Rangkaian Kegiatan Peringatan HAN 2019 Tingkat Kabgor Resmi Dibuka

60DTK – Kab. Gorontalo: Rangkaian kegiatan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Gorontalo resmi dibuka oleh Bupati Nelson Pomalingo, Rabu (07/08/2019).

Kegiatan yang merupakan program kerja Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo itu dipusatkan di Gedung GOR David – Tonny dan akan berlangsung selama dua hari yakni tanggal 8 – 9 Agustus.

Adapun lomba kegiatan yang mengangkat tema “Aku Anak Gorontalo Sehat, Cerdas, Mandiri, dan Berkarakter Menuju Anak Gemilang” itu diantaranya lomba tata upacara bendera, baris berbaris, serta jumbara sahabat anak gemilang.

Berkaitan dengan kegiatan ini, Bupati Nelson Pomalingo mengatakan, anak – anak mempunyai beragam hak diantaranya perawatan, pendidikan dan berkreasi, perlindungan dari kekerasan, serta hak ekploitasi dan diskriminasi.

“Keempat hak pokok itu sejalan dengan amanat konstitusi UUD 1945 yang menyatakan bahwa setiap anak berhak atas kelangsungan hidup dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,” kata Nelson dalam sambutannya.

Kepada anak – anak Ia mengingatkan, agar mereka dapat terus belajar, beribadah, dan harus hidup rukun bersama teman – teman dilingkungannya.

“Melalui kegiatan HAN kali ini diharapkan bisa membuat anak – anak Indonesia semakin rajin menuntun ilmu, giat berolahraga, kreatif dalam seni, dan lebih berbakti kepada kedua orang tua,” tukas Nelson.

Sementara kaitannya dengan beberapa lomba yang ada, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo Fory Armin Naway menjelaskan, khusus lomba tata upacara dan baris berbaris bertujuan untuk memperdalam rasa cinta tanah air serta mempertebal semangat kebangsaan dan kesatuan.

“Juga untuk meningkatkan kedisiplinan, kesehatan, jasmani dan rohani, sportivitas dan kreativitas anak, membangun kekompakan dan kerjasama, menambah wawasan dan keterampilan siswa dalam tata upacara bendera dan baris berbaris,” jelas Fory Naway.

Ia melanjutkan, peserta tata upacara bendera dan baris berbaris kali ini sebanyak 19 grup yang berasal dari siswa sekolah dasar. Setiap kecamatan mengirim 1 Grup yang berjumlah 55 orang anak. Dan untuk jumbara sahabat anak terdiri dari pramuka panggalang dan anak-anak perwakilan 19 kecamatan se Kabupaten Gorontalo. (rls/andi)

Editor : Kasim A.

Comments are closed.