Resmi Dibuka, 24 Tim Siap Semarakan Festival Bedug Takbiran Di Gorontalo

60DTK – KOTA GORONTALO : Menyemarakkan bulan Ramadan dan menyambut Idul Fitri 1440 Hijriah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menggelar Festival Bedug Takbiran. Festival yang akan berlangsung selama tiga hari, 25 hingga 27 Mei 2019, dibuka oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim di lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo, Sabtu (25/5/2019).

Festival Bedug Takbiran diikuti oleh 24 tim, terdiri dari utusan dari Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Gorontalo, siswa SMA, serta remaja muda masjid se Provinsi Gorontalo. Pembukaan Festival Bedug Takbiran  diawali dengan penampilan Grup Gambus Assamar dan nasyid SMA Negeri 3 Gorontalo.

BACA JUGA : H-1 Festival Beduk Dan Takbir, Dinpar Provinsi Gelar Technical Meeting

Dalam sambutannya, Wagub Gorontalo, Idris Rahim mengatakan, Festival Bedug Takbiran merupakan salah satu syiar Islam yang bertujuan untuk memotivasi masyarakat dalam meningkatkan iman dan takwa kepada Allah Swt.

“Festival bedug ini bertujuan untuk menyemarakkan Ramadan agar kita lebih memperbanyak ibadah dan amalan-amalan lainnya di bulan Ramadan ini,” kata Idris.

Wagub mengutarakan, tabuhan bedug yang biasanya mengawali kumandang adzan di masjid merupakan budaya dan tradisi masyarakat Gorontalo. Menurutnya, hikmah dari budaya dan tardisi tersebut adalah mengajak umat Islam untuk kembali ke masjid.

“Jangan biarkan di akhir Ramadan ini masjid-masjid kita justru semakin kosong. Kita harus kembali ke masjid untuk meraih keberkahan Ramadan,” imbuhnya.

BACA JUGA : Pasar Murah Pemprov Gorontalo, Diganti Dengan Pemberian Santuan

Festival yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo merupakan salah satu dari 17 agenda pariwisata. Selain Festival Bedug Takbiran, agenda wisata semarak Ramadan dan Idul Fitri lainnya yaitu Festival Tumbilotohe dan Gebyat Ketupat.

Pembukaan Festival Bedug Takbiran  diawali dengan penampilan Grup Gambus Assamar dan nasyid SMA Negeri 3 Gorontalo. (adv)

Sumber : Humas Gorontalo Prov 

Comments are closed.