Sudah Beberapa Hari, Sejumlah Lampu Lalu Lintas di Kabgor Mati

60DTK-Gorontalo: Sejumlah lampu lalu lintas di beberapa titik di Kabupaten Gorontalo hingga saat ini masih terus dalam keadaan padam. Di antaranya lampu lalu lintas yang ada di simpang empat perbatasan Kecamatan Telaga dan Kecamatan Telaga Biru, simpang empat tugu Patung Berdoa Limboto, serta simpang empat Jalan Sudirman dan Jalan Mbui Bungale kompleks RSUD MM Dunda Limboto.

Tidak berfungsinya lampu lalu lintas di beberapa titik ini pun dikeluhkan para pengendara. Salah seorang pengendara sepeda motor, Saputra (23) yang kebetulan sedang ada di simpang empat perbatasan Kecamatan Telaga dan Kecamatan Telaga Biru mengeluh, Ia pribadi merasa takut matinya lampu lalu lintas ini akan jadi penyebab kecelakaan.

Baca juga: Pertama Di Dunia, Australia Luncurkan Kamera Lalu Lintas Pendeteksi Ponsel

“Memang sudah beberapa hari lampu lalu lintas di perempatan ini (simpang empat perbatasan Kecamatan Telaga dan Kecamatan Telaga) mati. Ini bisa menyebabkan kecelakaan terjadi,” keluh Saputra (23), Kamis (6/02/2020).

Sementara itu ketika dikonfirmasi, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Gorontalo, Ruslan Tantu mengatakan, lampu lalu lintas yang berada di jalur trans tersebut bukan kewenangan Dinas Perhubungan, melainkan kewenangan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD).

Baca juga: Capai Road Safety Festival, Korps Lalu Lintas Polri Berdayakan Generasi Milenial

“Kalau yang di jalur trans, mohon maaf bukan otoritasnya kita. Itu tanggung jawab LLAJ (Lalu Lintas dan Angkutan Jalan) Provinsi,” ujar Ruslan.

Menanggapi hal ini, Kasie LLAJ BPTD wilayah XXI Gorontalo, Hasmun Hamzah memohon maaf atas ketidaknyamanan pengendara akibat lampu lalu lintas yang mati tersebut.

Baca juga: Jamin Keamanan Mudik Lebaran, Dishub Gorontalo Lakukan Rampcheck Tahap Dua

“Saat ini juga, kami akan segera menindak lampu lalu lintas yang mati itu. Itu mati karena ada beberapa kabel yang sementara kami perbaiki. Saya segera akan mengirim anggota untuk mengecek ke sana,” ujar Hasmun.

Selain itu, Ia juga meminta kerja sama dari semua pihak untuk turut merawat lampu lalu lintas yang sudah ada. Karena menurutnya, ada juga beberapa lampu lalu lintas yang hilang dan dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Dishub Kabupaten Asahan Mulai Petakan Daerah Rawan Kecelakaan

“Kalau ada lampu yang rusak segera melapor ke kami. Saya juga memohon kepada semua pihak untuk menjaga setiap fasilitas negara yang ada,” pungkasnya. (rls)

 

Sumber: Read.id

Comments are closed.