Survei Terbaru Indo Barometer, Jokowi – Ma’ruf Unggul 18,8% Atas Prabowo – Sandi

  • Whatsapp
Peneliti lembaga survei Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli saat memaparkan hasil survei terbaru elektabilitas Capres - Cawapres di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2019). (Foto - Tribun News)

60DTK-NASIONAL – Lembaga Survei Indo Barometer kembali merilis hasil survei elektabilitas dua pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden 2019 di Century Park Hotel, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (2/04/2019).

Berdasarkan data terbaru yang dikumpulkan pada tanggal 15 hingga 21 Maret 2019 lalu tersebut, Pasangan Jokowi – Ma’ruf unggul 18,8 persen atas Prabowo – Sandi.

Bacaan Lainnya

“Kalau pemilu dilaksanakan saat survei ini berlangsung, maka Jokowi – Ma’ruf unggul dengan angka 50,8 persen sedangkan Prabowo – Sandi 32,0 persen. Sementara 17,2 persen lainnya belum menentukan pilihan,” ungkap peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli, seperti dilansir dari Kumparan.

Baca juga : Koalisi Tim Kerja Jokowi Targetkan 90% Suara Jokowi-Amin Di Gorontalo

Menurut Hadi, keunggulan pasangan calon nomor urut 01 itu dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya faktor kepuasan masyarakat atas kinerja Jokowi.

“Mayoritas publik 63,2 persen puas terhadap kinerja Jokowi sebagai presiden dan kinerja Jusuf Kalla sebagai wakil presiden. Sementara yang tidak puas 32,2 persen. Alasan tertinggi puas terhadap pemerintahan Jokowi – Jusuf Kalla adalah karena kinerjanya terbukti, pembangunan merata, dan banyaknya pembangunan infrastruktur,” ujar Hadi.

Bukan itu saja, hal lainnya yang mampu mengangkat elektabilitas calon petahana ini juga dipengaruhi oleh tiga kartu yang akan menjadi programnya jika terpilih. Selain itu, sebagai negara dengan jumlah umat islam terbanyak di Dunia, Jokowi – Ma’ruf dianggap dapat mewakili aspirasi pemeluk agama Islam di Indonesia.

“Tiga kartu Jokowi juga disukai masyarakat, walau masih kurang dikenal. Jokowi dan Ma’ruf Amin juga lebih mewakili aspirasi umat Islam,” terang Hadi.

Hadi kembali menerangkan, pasangan nomor urut 01 juga masih lebih baik dari segi kualitas. Berdasarkan hasil survei, Jokowi dianggap lebih berpengalaman, perhatian, dekat dengan rakyat, pintar, mampu memimpin, taat beragama, jujur dan bersih dari korupsi.

“Sementara Prabowo dinilai hanya lebih baik dari segi ketegasan, serta berwibawa sebagai pemimpin,” imbuh Hadi.

Diketahui, hasil survei Indo Barometer tersebut berdasarkan 1.200 responden dari 34 Provinsi dengan mengunakan metode Multistage Random Sampling. Adapun margin of error dalam survei kali ini diperkirakan hanya sebesar 2,83 persen.

Pewarta : Andrianto Sanga
Editor : Nikhen Mokoginta

[qrcode content=”http://60dtk.com/survei-terbaru-indo-barometer-jokowi-maruf-unggul-188-atas-prabowo-sandi/” foreground=”#000000″ background=”#FFFFFF” ec=”M”]

Pos terkait