Tidak Hanya Secaba, Gubernur Gorontalo Pastikan Penambahan Kodim dan Koramil

60DTK – JAKARTA – Niat pemerintah daerah untuk membangun Sekolah Calon Bintara (Secaba) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) hampir pasti bakal terealisasi tahun 2020 mendatang. Kepastian itu diperoleh setelah Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menemui Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa di Markas Besar TNI AD, Jakarta, Senin (7/10/2019).

Pertemuan ini sudah kesekian kali digelar untuk mematangkan realisasi pembangunan Secaba. Tidak hanya itu, pertemuan yang dihadiri oleh para kepala daerah dan pimpinan DPRD kabupaten/kota itu juga untuk finalisasi rencana pembangunan dua Kodim dan sejumlah Koramil di beberapa kecamatan.

“Alhamdulillah hasil kunjungan kami ke Pak Kasad yang pertama Kodim bakal ditambah dua lagi yakni Bone Bolango sama Boalemo. Kedua, Koramil Koramil akan ditambah, ketiga pembangunan Secaba,” terang Gubernur Rusli.

BACA JUGA : Menpar Minta Manado Jadi Penghubung Pariwisata Di Gorontalo

Pembangunan infrastruktur militer itu juga mendapatkan dukungan dari para bupati, wali kota dan sejumlah pimpinan DPRD. Pada pertemuan sebelumnya di bulan Juli, beberapa bupati sudah menyerahkan hibah tanah untuk mendukung rencana tersebut.

Lahan Secaba punya dua alternatif. Pertama di Kabupaten Pohuwato seluas lebih kurang 25 hektare dan  lahan seluas 100 hektare yang disiapkan Pemkab Gorontalo.

“Kendalanya insyaallah nggak ada. Untuk anggarannya akan dialokasikan dari pemerintah provinsi dan kabupaten kota, para ketua ketua DPRD insyaallah akan setuju. Insyaallah tahun 2020 akan dibangun,” tegasnya.

Pembangunan Secaba diharapkan bisa membuka peluang bagi putra daerah untuk meniti karier di dunia militer yang pada gilirannya membuka lapangan kerja. Secaba juga akan mendukung upaya penambahan struktur organisasi TNI AD hingga ke kecamatan-kecamatan untuk memperkuat basis pertahanan dan keamanan di daerah.

BACA JUGA : Gorontalo Culinary Expo Pamerkan Ratusan Produk Makanan

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Bupati Boalemo Darwis Moridu, Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Bupati Pohuwato Syarief Mbuinga serta Wakil Wakil Wali Kota Ryan Cono.

Sejumlah pimpinan DPRD provinsi dan kabupaten kota juga ikut hadir. Termasuk Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang dan Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw. (adv)

Sumber : Humas Gorontalo Prov 

Comments are closed.