UMKM Jadi Prioritas Pemda Gorut Kurangi Jumlah Pengangguran

60DTK, Gorontalo Utara – Peningkatan sektor Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Gorontalo Utara menjadi salah satu upaya yang terus digenjot oleh pemerintah guna mengurangi jumlah pengangguran.

“Saya ketahui, tahun 2019, meningkat 4,72%, dan  di tahun 2020 ini naik menjadi 4,98, jadi meningkat sekitar 26%,” kata Indra saat diwawancarai, Kamis (25/02/2021).

UMKM Jadi Prioritas Pemda Gorut Kurangi Jumlah Pengangguran
Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin Diwawancarai Awak Media, usai Mendampingi Gubernur Gorontalo, Berlangsung di Aula Tinepo Kantor Bupati Gorontalo Utara, Kamis (25/02/2021). Foto: Usman 60DTK

Indra mengatakan, penambahan jumlah pengangguran di Gorontalo Utara itu dikarenakan kondisi daerah yang saat ini sedang dilanda oleh wabah Covid-19.

“Memang kita harus akui, ini karena kondisi yang ada sekarang, oleh sebab itu kita terus mencari jalan keluarnya, melalui peningkatan UMKM,” jelasnya.

Baca Juga: Tekan Laju Pertumbuhan Penduduk, Pemkab Gorontalo Utara Maksimalkan Program KB

Dengan upaya yang telah dilakukan, sambung Indra, sampai dengan saat ini UMKM yang ada di Gorontalo Utara sudah mulai meningkat, dan bahkan hasil daripada UMKM yang ada di daerah sudah di perkenalkan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif beberapa waktu lalu.

“Kalau pada tahun 2019, kurang lebih 3.797, justru di pandemi ini naik jadi 409 unit, nah sekarang terus meningkat, karena rupanya UMKM ini membantu masyarakat di masa-masa pandemi, dan ini akan terus kita dorong demi kesejahteraan masyarakat,” pungkas Indra. (adv)

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles