22.215 KPM di Tulungagung Akan Segera Terima Bansos Tunai Dari Kemensos

60DTK, Tulungagung – Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, meresmikan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp600 ribu dari Kemensos RI, yang akan disalurkan ke masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdampak Covid-19, Selasa (12/05/2020).

Ia menyampaikan, sebanyak 22.215 KPM nantinya akan menerima BST tersebut melalui Kantor Pos. Hal ini pun sudah dilakukan sejak April kemarin, dan masih akan dilakukan pada Mei ini, dan Juni bulan depan.

Baca juga: Seluruh Puskesmas Di Tulungagung Dapat Bantuan APD Dari TP PKK

“Di tengah pandemi Covid-19, berbagai bantuan sosial sudah banyak dikucurkan kepada masyarakat yang kurang mampu, khususnya yang terdampak Covid-19 di Kabupaten Tulungagung. Mulai bantuan dari Baznas, dari pemerintah daerah, dari PKK, dari GOW, dari kelompok pengusaha, serta bantuan-bantuan sosial dari masyarakat lainnya,” ungkap Maryoto.

Adapun terkait jumlah kuota penerima bantuan yang ada di pedesaan, Ia mengaku hal itu memang lebih sedikit dibanding dengan kuota untuk masyarakat di kota. Hal ini karena masyrakat desa juga nantinya akan menerima bantuan sosial yang dialokasikan dari dana desa masing-masing.

Baca juga: 10 Ribu Paket Sembako Dari Baznas Mulai Didistribusikan Ke Warga Tulungagung

Soal kriteria penerima bantuan sosial tersebut, Ia membeberkan bahwa penerima bantuan harus benar-benar yang tidak mampu, dan belum tertangani oleh bantuan-bantuan lain, baik itu PKH, BLT, BPNT, dan bantuan apapun itu.

“Memang dari jumlah data yang ada, kadang masih ada yang belum ter-cover, namun demikian, dana dari APBD akan menjadi penyapu ranjau terhadap kekurangannya,” jelas Maryoto.

Baca juga: Pemdes Panjerejo Alokasikan Dana Untuk Penyaluran Bantuan Ke 138 KK

Ia pun berharap, dengan adanya penyaluran bantuan dari Kemensos itu, masyarakat Tulungagung bisa terbantu dalam memenuhi kebutuhanannya selama pandemi ini.

“Kita sampaikan terima kasih kepada pihak Kantor Pos, yang telah bersedia membantu menyampaikan penyaluran bantuan ini, sehingga masyarakat yang terdampak Covid-19 juga ikut memperoleh kesempatan dalam memenuhi kebutuhannya,” pungkasnya.

Baca juga: Kepala Dinsos Tulungagung Tegaskan Bansos Dari Pusat Akan Disalurkan Secara Adil

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Tulungagung, Yanuar Pribadi Utomo mengatakan, pihaknya menargetkan penyaluran BST ini akan selesai dalam waktu 10 hari. Bahkan hal ini juga sudah disosialisasikan oleh pihak Kantor Pos di tiap kecamatan.

“Kita jadwalkan sampai 10 hari karena sebagai bentuk antisipasi biar tidak terjadi penumpukan antrean dan tetap jaga jarak (phisycal distanching). Bagi penerima bantuan cukup bawa e-KTP dan KK untuk kita cocokkan dengan data penerima,” tutup Yanuar.

 

Pewarta: Achmad Zunaidi/Firda