10 Ribu Paket Sembako Dari Baznas Mulai Didistribusikan ke Warga Tulungagung

60DTK, Kabupaten Tulungagung – Sebanyak 10 ribu paket sembako dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tulungagung, didistribusikan kepada warga terdampak Covid-19 di Kabupaten Tulungagung.

“Ini memang sangat perlu sekali, dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan warga akibat dampak Covid-19,” ucap Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo kepada awak media, usai pembagian paket sembako secara simbolis kepada warga, Senin (11/05/2020).

Baca juga: Pemdes Panjerejo Alokasikan Dana Untuk Penyaluran Bantuan Ke 138 KK

Terlepas dari itu, Ia juga membeberkan bahwa tidak hanya bantuan dari Baznas saja, namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung juga tengah menyiapkan bantuan untuk masyarakat, yang kini sedang dalam tahap pendataan.

“Maka dari itu, yang dari Baznas kita distribusikan terlebih dahulu,” tambahnya.

Baca juga: Kepala Dinsos Tulungagung Tegaskan Bansos Dari Pusat Akan Disalurkan Secara Adil

Lebih lanjut Maryoto menyampaikan, memang setiap tahunnya Baznas selalu menyalurkan bantuan kepada masyarakat kurang mampu. Dan pada kesempatan ini, Baznas membantu sebanyak 10 ribu paket sembako, yang per paketnya berisi 5 kg beras, 1 kg gula, 5 bungkus mi instan, dan minyak goreng 1 liter, untuk disalurkan ke 271 desa dan kelurahan se – Kabupaten Tulungagung.

“Dengan begitu, rata-rata per desa akan menerima 30 paket sembako. Setidaknya bantuan sembako ini sebagai wujud pemerintah telah hadir di tengah-tengah masyarakat yang sedang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Terlepas dari itu, saya berharap masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan, yakni menjaga jarak, serta selalu melaksanakan pola hidup dan makan sehat,” tukas Maryoto.

Baca juga: Seluruh Puskesmas Di Tulungagung Dapat Bantuan APD Dari TP PKK

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Tulungagung, Muhammad Fathurro’uf mengatakan, pendistribusian bantuan tersebut ditargetkan akan selesai dalam waktu 5 hari.

“Semua dana yang memungkinkan kita rotasi untuk membantu dampak Covid-19, sudah kita lakukan. Dan ini kami targetkan bisa selesai dalam 5 hari pendistribusiannya,” ujarnya.

Baca juga: Dampak Corona, Omset Pengrajin Tas Obrok Di Tulungagung Turun

Ia pun mengajak masyarakat dan donatur yang ada di Kabupaten Tulungagung, untuk bisa membayar zakatnya ke Baznas Tulungagung sebelum Idul Fitri, yang selanjutnya akan disalurkan kepada fakir miskin dan kaum duafa.

“Selain ada penyaluran bantuan untuk anak yatim piatu dalam bentuk uang tunai, sekarang kita berikan dalam bentuk sembako. Pada para penerima bantuan diharapkan tetap berada di rumah karena petugas Baznas akan mengantarkanya. Mudah-mudahan ke depannya Baznas semakin besar,” harapnya.

 

Pewarta: Achmad Zunaidi/frida