492 Masyarakat Gorut Akan Ikut Pelatihan IKM dan UKM di Makassar

60DTK-Gorontalo Utara: Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) bekerja sama dengan seluruh pemerintah kecamatan dan desa di wilayah setempat, rencananya akan mengirimkan sebanyak 492 orang untuk menjadi peserta pada pelatihan Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM), yang akan digelar oleh Lembaga Pembangunan Teknologi Tepat Guna (LPTTG) Malindo di Makassar, Sulawesi Selatan, dalam waktu dekat ini.

Dikatakan, ratusan orang tersebut merupakan masyarakat dari 123 desa di Gorontalo Utara. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa setiap desa mengirimkan perwakilan sebanyak empat orang.

Baca juga: Selesai Ikuti Diklat, 600 Nalayan Gorut Kantongi Kartu Pelaut Merah

Sekretaris Daerah Gorut, Ridwan Yasin menjelaskan, sejumlah masyarakat ini tidak akan mengikuti pelatihan secara bersamaan, tetapi akan dibagi menjadi beberapa angkatan. Sebab, masih ada desa yang belum menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES).

“Karena itu, tadi dibahas soal bagaimana tata cara penganggaran. Kami mengundang inspektorat untuk memberikan pertimbangan bagaimana penganggarannya. Ini perlu kecermatan dari kita, jangan sampai ada regulasi yang kita langgar dan berakibat pada pengelolaan keuangan di daerah,” kata Ridwan usai kegiatan Program Pro Rakyat oleh LPTTG Malindo, di Aula PMD Gorut, Kamis (5/02/2020).

Baca juga: Ridwan Yasin: IKM Itu Sangat Penting Untuk Lingkup Pemerintah

Ridwan mengatakan, harapan Pemerintah Gorut melalui kegiatan ini tidak lain agar perkembangan industri IKM dan UKM di Gorut semakin cepat, bisa memajukan ekonomi Gorut di waktu mendatang, serta menghasilkan tenaga – tenaga yang terampil.

“Mudah – mudahan, pelatihan yang akan berlangsung selama satu pekan ini akan terlaksana dengan baik. Karena harapan Bapak Bupati, setelah kegiatan ini masyarakat dapat mengembangkan usaha – usaha dan bisa menjadi mandiri,” tutup Ridwan. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles