Bingung, Beberapa Peserta Pemilih Tak Tahu Lagi Cara Melipat Kembali Kertas Suara

60DTK-KABGOR – Pemilihan Presiden dan Anggota Legislatif serentak 2019 kali ini terhitung memiliki banyak perbedaan dari pemilihan – pemilihan sebelumnya. Hal ini mengakibatkan banyak pemilih yang sedikit kebingungan, salah satunya pemilih di Kelurahan Teyidito, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo.

Saat proses pemilihan berlangsung, dari sekian banyak peserta pemilih di Kelurahan Teyidito ini, beberapa tak tahu lagi cara melipat kembali kertas suara dan bingung memasukkan kertas suara tersebut ke kotak suara yang masing – masing memiliki warna berbeda.

Baca juga : 12 ODGJ Di RS Tombulilato Akan Ikut Mencoblos

Alhasil, peserta pemilih tersebut terlihat kalangkabut. Hal ini membuat panitia penyelenggara sigap mengambil alih dan mengarahkan peserta pemilih bagaimana cara melipat kertas suara dan memasukkan kertas suara sesuai dengan warna yang telah ditentukan.

Padahal, sebelum proses pencoblosan dimulai, panitia sudah mencontohkan kepada para peserta pemilih bagaimana cara pencoblosan dan pelipatan kertas suara yang benar. Namun hal ini berusaha dimaklumi oleh panitia di Tempat Pemungutan Suara (TPS) karena hal tersebut kebanyakan terjadi pada pemilih yang telah lanjut usia.

Saat coba diklarifikasi oleh awak media yang berada di lokasi, salah satu peserta pun menjelaskan bahwa Ia lupa dan bingung cara melipat dan memasukkan kertas suara tersebut ke kotak suara karena sudah banyak kertas yang dipegangnya.

“Saya sudah lupa dan bingung juga, karena sudah banyak sekali kertas yang saya pegang,” ungkap salah satu peserta pemilih.

 

 

Pewarta : Moh. Effendi
Editor : Nikhen Mokoginta

Comments are closed.