Bupati Gorut Ikut Nelayan Tangkap Ikan di Laut

  • Whatsapp
Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu bersama dengan beberapa nelayan sedang menunggu aktivitas menangkap ikan dimulai, Sabtu (2/07/2022). (Foto: Humas Gorut)

60DTK, Gorontalo Utara – Agar lebih mengetahui sekaligus memahami persoalan yang sering dialami oleh para nelayan di Gorontalo Utara saat menjalankan aktivitasnya, Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu ikut bersama dengan nelayan KM Nelayan Dirgantara untuk melihat langsung kegiatan penangkapan ikan.

Seperti yang disampaikan oleh Thariq Modanggu, kegiatan tersebut tidak hanya untuk memahami setiap kendala yang dihadapi nelayan semata, melainkan juga melihat langsung bagaimana proses penangkapan ikan di laut.

Bacaan Lainnya

“Sengaja saya memanggil DKP Gorut untuk turun melaut bersama-sama agar mereka melihat langsung aktivitas nelayan dalam menangkap ikan. Tujuan saya agar mereka lebih paham mengenai persoalan di lapangan, jangan hanya bekerja di balik meja di ruangan ber-AC,”ucap Thariq Modanggu saat dikonfirmasi via whatssapp, Minggu (3/07/2022).

Di sela-sela menunggu aktivitas penangkapan ikan dimulai, Thariq menjelaskan soal profesi dari nelayan itu sendiri. Menurutnya, pekerjaan mereka sungguh mulia.

“Pekerjaan sebagai nelayan sungguh sangat mulia. Bayangkan di saat orang lain asyik tidur terlelap di malam hari, para nelayan dengan mempertaruhkan keselamatan mereka pribadi, bekerja mencari ikan yang belum tentu ikan tersebut akan mereka dapatkan. Semuanya hanya untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan juga kebutuhan pangan kita semua,” jelasnya.

Dari kegiatan tersebut, Thariq menekankan kepada pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gorontalo Utara untuk terus memaksimalkan segala bentuk upaya mereka dalam rangka menyejahterakan para nelayan, mulai dari meningkatkan fasilitas keamanan bagi mereka, hingga termasuk asuransi bagi para nelayan.

“Dalam melaksanakan aktivitas usaha mereka, diharapkan menjadi perhatian bagi pihak Dinas untuk memperbanyak bantuan life jacket dan asuransi bagi para nelayan untuk kegiatan penangkapan ikan,” lanjut Thariq.

“Saya berharap penerapan teknologi yang tentunya akan membantu nelayan dalam mendapatkan lokasi fishing ground, selain itu tentunya bisa menekan biaya operasional bagi nelayan sehingga dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan para nelayan,” tutupnya. (adv) 

 

Pewarta: Usman Dai

Pos terkait