Bupati Nelson Imbau Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gorontalo akan kembali melakukan Sensus Penduduk (SP) mulai besok, 1 September 2020. Berbeda dari SP sebelumnya yang dilakukan secara online, SP kali ini dilaksanakan secara tatap muka.

Supaya kegiatan sepuluh tahunan ini berjalan dengan lancar, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, mengimbau masyarakat untuk ikut berpartisipasi aktif dalam SP tersebut. Nelson melihat, SP tidak hanya berkaitan dengan pemenuhan dokumen data kependudukan, tapi juga berhubungan perencanaan pembangunan.

“Saya mengaharapkan masyarakat bisa berpartisipasi aktif dalam rangka menyajikan dokumen dirinya, untuk suksesnya sensus penduduk. Sensus ini dalam rangka merekam data kependudukan, demi perencanaan pembangunan,” ujar Nelson, Senin (31/8/2020).

Baca Juga: Dikbud Kabupaten Gorontalo Gelar Lomba Cerdas Cermat Tentang Covid-19

Meskipun saat ini masih dalam situasi pandemi covid-19, Nelson meminta masyarakat Kabupaten Gorontalo tidak merasa takut dengan kedatangan petugas sensus. Sebab, seluruh petugas sensus telah dibekali dengan Alat Pelindung Diri (APD).

“Saya juga berharap kepada seluruh aparat baik di tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten, maupun stakeholder lainnya mendukung program BPS ini,” pungkas Nelson.

Baca Juga: HUT Ke-75 Proklamasi Jadi Upacara Terakhir Nelson Pomalingo Sebagai Bupati Gorontalo

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Gorontalo, Husain Duhengo menambahkan, pelaksanaan SP akan berlangsung hingga 15 September 2020 nanti. Adapun jumlah petugas sensus yang akan turun, kurang lebih sebanyak 270 orang.

“Harapan kami semua data penduduk dari kecamatan sampai di tingkat desa dapat tercover semua, tidak ada yang terlewat. Semoga¬† pelaksanaan SP ini dapat berjalan dengan baik seperti SP online yang lalu,” tandasnya. (adv)

 

 

 

Pewarta: Andrianto Sanga