Ciptakan Suasana Sejuk, DLH Gorontalo Utara Tanam dan Rawat Ribuan Bibit Sirsak

60DTK, Gorontalo Utara – Guna menciptakan suasana sejuk dan nyaman di seputar Blok Plan Kabupaten Gorontalo Utara, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara, melakukan penanaman bibit tanaman sebanyak 7.000 pohon.

“Kami Dinas Lingkungan Hidup sudah melaksanakan penanaman buah sirsak di block plan, dimana bibitnya kami ambil dari balai, dan kita dapat 7000, yang kita sudah tanami di dua tempat di seputaran block plan,”ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ilyas Lagarusu saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/03/2021).

Ilyas mengatakan, kurang lebih 7000 pohon yang telah ditanam itu jenisnya adalah buah sirsak. Dimana, bibit tersebut sudah selesai ditanam, dan saat ini pihaknya tinggal melakukan pemeliharaan saja.

“Bibitnya kita ambil di balai, kita minta 10.000 dan kita hanya dapat 7000 bibit, kemudian kita sudah tanam di dua tempat, khusus ruang untuk tanam buah, dan ada satu lokasi kosong di komplek perkantoran,” ujarnya.

Ilyas Lagarusu
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara, Ilyas Lagarusu. (Foto: Usman 60DTK)

Ia membeberkan, proses penanaman ini sudah dilaksanakan sesuai dengan arahan Bupati. Dimana, kata Ilyas, keinginan Bupati, agar proses penanaman dilakukan di musim penghujan dengan tujuan agar bibit yang ditanam bisa tumbuh dengan baik.

“Karena anggarannya belum ada, akan tetapi Pak Bupati menginginkan agar proses penanaman dilakukan di musim penghujan, maka kita dahulukan menanam, biasa kita melakukan penanaman pada saat anggarannya sudah ada,” jelas Ilyas.

Dengan segala kebijakan yang telah dilakukan, pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara sepakat untuk bagaimana bisa mengupayakan bibit tanaman yang akan di tanam di musim penghujan tersebut.

Baca Juga: Setiap Hari Sedikitnya 6 Ton Sampah Diangkut Ke TPA Tomilito

“Maka kita mengambil kebijakan-kebijakan penanamannya, kita minta bibit di balai DAS, kemudian kita sepakat, seluruh pegawai yang ada di Dinas Lingkungan Hidup, mulai dari Kepala Dinas, PNS sampai Satgas kita bagi-bagi, kalau Kepala Dinas 1000 pohon, kalau sekretaris 750 pohon, kabid-kabid 400 pohon, kepala seksi 250, PNS 150, kemudian satgas 50,”beber Kepala Dinas Lingkungan Hidup

Berkat kebijakan yang diambil oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup, saat ini pihaknya tinggal melakukan pemeliharaan tanaman tersebut. Dengan harapan, agar tanaman ini bisa tumbuh dengan bagus dan menambah suasana sekitar Blok plan menjadi lebih adem dan sejuk.

“Penanaman ini akan melebar ke Bypass, dan beberapa tempat lainnya yang belum ditanami pohon-pohon,” pungkasnya.  (adv)

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles