Setiap Hari Sedikitnya 6 Ton Sampah Diangkut Ke TPA Tomilito

60DTK, Gorontalo Utara – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gorontalo Utara, Ilyas Lagarusu mengungkapkan setiap hari pihaknya hanya bisa mengangkut sebanyak 6 Ton sampah di Gorontalo Utara.

“Jadi kita itu per hari hanya bisa memuat kurang lebih 6 ton sampah ke TPA,”ungkap Ilyas saat di Konfirmasi lewat telephone, Jumat (19/03/2021).

Ia menambahkan, rata-rata jumlah sampah yang ada di Gorontalo Utara ini 54 Ton per hari. Namun yang bisa diangkut pihak Dinas Lingkungan Hidup hanya bisa mengangkut 6 Ton.

Setiap Hari Sedikitnya 6 Ton Sampah Diangkut Ke TPA Tomilito
Peninjauan Tempat Pengelolaan Akhir (TPA) di Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara beberapa waktu lalu oleh Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, Beserta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara. (Foto: Iqbal Humas)

“Itu sampah masyarakat, belum toko dan lain-lain, jadi dihitung rata-rata sampah di Gorut itu ada 54 Ton perhari,”ujarnya.

Menanggapi berbagai keluhan dari masyarakat terkait dengan sampah yang tidak di angkut, Ia menegaskan, tidak maksimalnya pelayanan dari segi pengangkutan sampah ini, disebabkan oleh kurangnya fasilitas yang ada, salah satunya alat pengangkut sampah yang dimiliki hanya berjumlah 3 buah truck. Sehingga, tidak heran jikalau masih ada sampah yang tertumpuk di beberapa titik.

Baca Juga: DLH Gorontalo Utara, TNI dan Paguyuban Lakukan Pembersihan Sampah di RTH

“Kita kan berdasarkan kemampuan, alat, armada, jadi pelayanannya hanya berkisar di wilayah Kwandang, dan itupun tidak semua Desa di Kwandang yang bisa dijangkau, mulai dari Pontolo, arah pelabuhan, baru melebar ke Brigif Otamanasa, selanjutnya ke PLTU. Dan saat ini sudah meluas lagi sampai ke HTI,” jelas Ilyas Lagarusu.

Ia berharap kepada masyarakat khususnya yang tidak bisa terjangkau oleh alat pengangkut sampah, kiranya bisa bersama-sama membantu mengatasi persoalan sampah yang ada.

“Diharapkan, agar masyarakat bisa menyediakan satu tempat khusus untuk menimbun ataupun membakar sampah yang dihasilkan, sehingga penumpukan sampah itu bisa kita cegah,” tandasnya. (adv)

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles