Dispendukcapil Kabupaten Blitar Terapkan Protokol Kesehatan dan Wajib Senam

60DTK, Blitar – Layanan di Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar di masa New Normal Life memang patut diacungi jempol. Mengingat dalam melaksanakan pelayanan tetap menerapkan protokoler kesehatan penanganan Covid-19 secara ketat.

Alasanya, memang masih pandemi Covid-19 dan hal itu baik untuk petugas pelayanan maupun pemohon yang akan memerlukan layanan administrasi kependudukan (Adminduk).

Dimana mulai masuk pemohon diwajibkan antrian dengan menerapkan physical distancing dan satu persatu pemohon dicek suhu badanya dengan thermo gun dan apabila ada yang terindikasi suhu badanya tinggi maka akan di arahkan ke petugas gugus tugas penanganan Covid-19.

Suhu Badan
Pemohon Adminduk Dispendukcapil Kabupaten Blitar Mulai Memasukan Data, Diperiksa Suhu Badannya Terlebih Dahulu oleh Petugas.(Foto: Achmad 60DTK)

Menurut Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Luhur Sejati, tidak hanya pemohon Adminduk saja yang diterapkan protokol kesehatan, melainkan untuk petugas pelayanan itu sendiri baik mulai dari petugas entri data sampai juru rekam medik diwajibkan memakai masker, sarung tangan dan setiap hari wajib mengikuti senam kesehatan guna menjaga imun.

Baca Juga: Cegah Tumpang Tindih Data Penerima Bansos, Pemkab Blitar Kumpulkan Seluruh Kades

“Setiap jam sepuluh pagi, semua staf Dispendukcapil dan pemohon layanan Adminduk wajib mengikut senam kesehatan dan berjemur di depan kantor. Hal ini guna membunuh virus yang ada di tubuh kita. Karena apa, kantor kita ini adalah kantor pelayanan dan kita tidak tahu kondisi pemohon itu kayak apa,” terang Luhur usai mengikuti senam kesehatan di kantornya Jalan Manukwari No. 25, Kelurahan Satreyan, Kecamatan Kanigoro, Jumat (10/7/2020).

Tirai
Guna Membatasi Jarak Antara Pemohon Adminduk dengan Petugas Pelayanan, maka Meja Pelayanan pun Dipasang Tirai Penyekat. (Foto: Achmad 60DTK)

Disamping itu, kata Luhur, kegiatan itu diadakan asumsinya upaya mencari kesehatan. Sehingga protokol Covid-19 ini wajid di tegak kan, guna pencegahan dan memutus mata rantai.

Baca Juga: Tinjau Pembangunan Infrastruktur, Rijanto Minta Jaga Kualitas Dan Tepat Waktu

Lebih lanjut Luhur mengatakan, dengan bersenam di pagi hari sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Dimana ketika sinar ultraviolet mengenai tubuh kita, maka akan merangsang tubuh untuk menghasilkan vitamin D.

“Kemudian, vitamin D yang diproduksi oleh tubuh dari proses berjemur di bawah sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Vitamin D dapat meningkatkan kadar kalsium dan fosfor di dalam tubuh, menjaga fungsi otot dan saraf, serta meningkatkan daya tahan atau sistem imun tubuh dalam melawan infeksi,” pungkasnya. (adv)

 

 

Pewarta: Achmad Zunaidi