Hamim Pou Praktekkan Cara Perkawinan Buah Labu Madu

  • Whatsapp
Bupati Bone Bolango, Hamim Pou saat Mempraktekkan Cara Perkawinan Bunga Labu Madu (Foto: Istimewa)

60DTK,Bone Bolango – Bupati Bone Bolango, Hamim Pou mempraktekkan cara mengawinkan bunga Labu Madu dengan cara menggosokkan antara betina dan jantan.

Hal tersebut terlihat saat Bupati Hamim Pou, yang didampingi Kadis Pariwisata, lakukan kunjungan ke Lahan Pertanian Agrowisata Asmara Garden, Desa Bulotalangi Timur, Kecamatan Bulango Timur, Kabupaten Bonebol untuk melakukan panen raya sayur dan buah.

Bacaan Lainnya

“Adapun cara mengawinkan bunga Labu Madu ini, dengan mematahkan yang jantan dari tangkainya dan digosokkan ke betina yang masih menempel di batang Labu,” ucap Hamim  Pou sambil mempraktekkan proses perkawinan bunga Labu Madu, Jumat,(28/05/2021).

Buah Labu Madu
Buah Labu Madu. (Foto: Istimewa)

Pada kesempatan itu pula, Kepala Desa Bulotalangi Timur Karim Adam, menuturkan, untuk proses perkawinan bunga Labu Madu ada dua cara yakni secara alami dan buatan.

“Untuk perkawinan secara alami yakni faktor yang dibawa oleh lebah dari pucuk bunga yang satu ke pucuk bunga yang lain. Sedangkan secara buatan dengan cara menggosokan jantan ke betina,” tutur Karim Adam.

Baca Juga: Hamim Pou Panen Buah dan Sayur di Agrowisata Asmara Garden

Lanjut Karim menjelaskan Proses perkawinan bunga Buah Labu Madu ini hanya bisa terjadi pada pagi hari, dan setelah mau masuk siang dan sampai malam, itu bunganya atau pucuknya akan tertutup kembali.

Karim menambahkan, maksud dari perkawinan yang dilakukan ini guna untuk memperlebat buah Labu Madu. Sebab, kalau proses perkawinan tidak terjadi hasil dari buah Labu Madunta  akan sedikit dan tidak bagus.

“Kalau yang kawin, buah yang dihasilkan sangatlah banyak. Akan tetapi kalau tidak dikawinkan itu hanya sedikit, bahkan per pohonnya hanya satu buah yang ada,” tutup Karim Adam.

 

Pewarta: Desy Rahmawaty

Pos terkait