Kalah Oleh Thailand, Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala Merlion 2019

60DTK-OLAHRAGA – Timnas Indonesia U – 23 tumbang dari Thailand U – 23 pada laga perdana Turnamen Merlion Cup 2019. Bertanding di Stadion Jalan Besar, Singapura, Pasukan Garuda Muda kalah tipis dengan skor 1 – 2, Jumat (7/06/2019) sore.

Gol kemenangan pasukan Gajah Putih, diciptakan oleh Saringkan Promsupa melalui titik penalti pada menit ke 4′ dan Ekanit Panya pada menit ke 11′. Sementara satu – satunya gol pasukan Indera Sjafri dicetak oleh Witan Sulaiman pada menit ke 42′.

Akibat kekalahan ini, Timnas Indonesia dipastikan tidak akan berlaga di partai final. Meski demikian, Bagas Adi dkk masih akan menjalani laga melawan tim yang kalah antara Filipina dan Singapura untuk perebutan tempat ke – 3.

Jalannya Pertandingan

Timnas Thailand U – 22 tampil menekan sejak kick off babak pertama dimulai. Bahkan, saat pertandingan baru berjalan dua menit, pasukan Alexander Gama nyaris menciptakan gol cepat. Beruntung posisi Ballini terperangkap dalam posisi off side.

Pasukan negeri Gajah Putih baru bisa menciptakan gol dua menit berselang. Melalui titik penalti, Saringkan Promsupa mengantarkan timnya unggul 1 – 0 atas Indonesia pada menit ke 4′.

Baca juga : Gamers PES 2019, Adu Tangkas Di Pohuwato

Setelah gol itu, Thailand tampak sangat mendominasi pertandingan. Bahkan pada menit 11′, mereka mampu menggandakan skor menjadi 2 – 0 melalui sepakan Ekanit Panya yang tak mampu dihalau kiper Indonesia, Satria Tama.

Indonesia berhasil memperkecil kedudukan hanya melalui Witan Sulaiman pada menit 42′. Hingga turun minum tidak ada gol tercipta.

Memasuki babak kedua, pertandingan berlangsung semakin menarik. Kedua tim saling jual beli serangan. Meski demikian, kali ini Indonesia cukup mendominasi penguasaan bola.

Rapatnya barisan pertahanan Thailand, membuat beberapa serangan yang dibangun Witan Sulaiman dkk selalu putus di tengah jalan.

Pada menit 49′, Febi Eka Putra mendapatkan kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan. Sayang, tendangan yang dilepaskan masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Sebaliknya, Thailand juga tidak berdiam diri. Beberapa kali mereka melancarkan serangan balik. Namun barisan pertahanan Indonesia selalu berhasil menggagalkan upaya pasukan Alexander Gama menambah keunggulan.

Indonesia kembali menciptakan peluang pada menit 70′ melalui Rachmat Irianto. Namun juga belum berhasil merobek jala gawang yang dikawal Nareechan.

Hingga laga usai, kedua tim tidak mampu menciptakan gol. Thailand pun berhak melaju ke Final Piala Merlion yang akan digelar pada tanggal 9 Juni 2019 mendatang.

 

 

 

 

Pewarta : Andrianto Sanga
Editor : Nikhen Mokoginta

Comments are closed.