Ketua Bawaslu Maluku Utara Ingatkan Pentingnya Netralitas ASN Dalam Pilkada

60DTK, Halmahera Utara – Kosentrasi pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku Utara untuk Pemilu 2020 ini, tertuju pada beberapa isu, salah satunya soal netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal ini disampaikan oleh Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Utara, Muksin Amrin, saat menghadiri acara peresmian Desa Sadar Daftar Pemiih Tetap (DPT) di Desa Rawajaya, Tobelo, Halmahera Utara, Rabu (15/07/2020).

“Netralitas ASN adalah isu yang sempat menjadi viral dan menjadi perhatian Bawaslu,” kata Muksin.

Baca juga: PDIP Dan PKB Usung Joel – Badjak Untuk Pilkada Halmahera Utara 2020

Selain itu, dirinya juga mengingatkan kepada jajarannya untuk tetap memperhatikan pergerakan uang, alias money politik dalam Pemilu nanti.

“Ada money politik yang kita juga harus sadar itu. Karena sekarang, bicara hal itu, kita juga harus bisa membuktikannya,” lanjutnya.

Ia juga mengingatkan persoalan anggaran Pemilu yang sudah disepakati dengan Pemerintah Daerah (Pemda), agar bisa dikoordinasikan secepat mungkin, guna pembiayaan tahapan dan kegiatan yang penting.

Baca juga: Dokter Di Halmahera Utara Ini Pastikan Dirinya Maju Bertarung Di Pilkada

Tercatat, menurut penuturan Muksin Amrin, baru 3 kabupaten/kota di Maluku Utara yang sudah mencairkan 100 persen anggaran tersebut, di luar Halmahera Utara.

 

Pewarta: Reynol