Kuatkan SDM Pekerja Migran Indonesia, Pemkab Blitar Gelar Pak Camat

60DTK, Blitar – Setelah mengikuti tahapan sebelumnya, akhirnya 50 orang terpilih menjadi inaugurasi peserta program Pelatihan Kewirausahaan Calon dan Mantan Pekerja Migran Indonesia (Pak Camat PMI) dan mengikuti pelatihan pada jenjang berikutnya.

“Kemudian, dari 50 orang nanti akan diseleksi lagi hingga dipilih sampai 5 orang dan akan di wisuda,” jelas Bupati Blitar, Rijanto kepada wartawan usai membuka acara Inaugurasi Pak Camat yang dipusatkan di ruang transit kantor Bupati Blitar di Kanigoro secara Webinar, Sabtu (22/8/2020).

Baca Juga: Kebut Jalur Pansela, Bupati Blitar Tinjau Lokasi

Selanjutnya, kata Rijanto, program ini diadakan guna meningkatkan pengetahuan dan wawasan kepada PMI sebelum bekerja ke luar negeri, sehingga para PMI mempunyai daya saing dengan pekerja lain.

“Sementara yang mantan PMI bisa menjadi pengusaha ketika pulang ke kampung,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar, Haris Susianto menambahkan, bahwa program ini merupakan tidaklajut dari program sebelumnya yakni Business Motivation Workshop (BMW) dengan 100 peserta. Selanjutnya dipilih 75 orang untuk mengikuti Business Motivation Canvas (BMC).

“Dan terakhir inaugurasi dengan 50 peserta,” terangnya.

Baca Juga: Penyampaian Jawaban Bupati Blitar Atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi, Jelas Dan Gamblang

Sekedar informasi, hadir juga dalam acara itu Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Ulfie Zulfiqar Zuqsas, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Blitar (bappeda) Suwandito dan Pimpinan Program DSC Edric Candra. Sedangkan pendanaan acara itu diambil dari program Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

 

 

 

Pewarta: Achmad Zunaidi