Liga Inggris : Berhasil Tundukkan Everton, City Kembali Ke Puncak Klasemen

PeL60DTK – OLAHRAGA : Kekhawatiran sang pelatih City (Guardiola) akhirnya terjawab. Anak asuhnya (Manchester City) akhirnya mampu menjamu Everton di Etihad Stadion dinihari Sabtu (15/12/2018).

Kemenangan atas Everton (3-1), membuat mereka kembali memimpin klasemen Liga Inggris musim ini dengan perolehan point sebanyak 44. Poin tersebut membuat Liverpool harus berada di posisi 2 dengan 42 poin.

– Babak Pertama

Tuan rumah (Manchester City) menunjukan inisiatif mereka di awal pertandingan babak pertama. Mereka langsung menekan tim tamu (Everton), tetapi usaha –  usaha itu masih bisa dibendung oleh Everton.

Peluang pertama pada menit ke 15 tercipta lewat pemain Everton (Richarlison). Pemain asal Brazil itu mencoba melepaskan tendangan ke arah gawang Manchester City. Alhasil, tendangan itu masih melambung jauh di atas mistar gawang.

City berusaha membalas melalui peluang yang diciptakan oleh Fabian Delph. Namun, peluang tersebut belum mampu merubah kedudukan tuan rumah. Hingga pada akhirnya, Gabriel Jesus (Manchester City) berhasil menyumbang satu goal di menit ke 22.

Pemain asal Brazil itu, berhasil memanfaatkan umpan dari Leroy Sane. Sepakan kaki kiri Gabriel Jesus, tak mampu dihentikan oleh penjaga gawang Everton Jordan Pickford.

Tak ada goal yang tercipta setelah goal pertama Gabriel Jesus. Kedudukan bertahan hingga babak pertama usai dengan skor 1-0.

– Babak Kedua

Tak butuh waktu yang cukup lama, tuan rumah Manchester City kembali mengandakan kedudukan atas Everton menjadi 2-0. Gabriel Jesus hanya butuh waktu 10 menit pada babak kedua. Ia kembali menorehkan namanya di papan skor.

Sang tamu tak mau kalah aksi, mereka berusaha untuk memperkecil ketertinggalan atas tuan rumah Manchester City. Harapan Everton terwujud pada menit ke 65.

Dominic Calvert Lewin berhasil memanfaatkan umpan yang diberikan oleh Lucas Digne. Sundulan tersebut mampu menjebol gawang Manchester City yang dijaga oleh Ederson.

Namun, mimpi buruk kembali hadir untuk Everton. Pada menit ke 69, Manchester City menambah keunggulannya lewat goal yang dicipatakan oleh Raheem Sterling hingga skor berubah menjadi 3-1.

Setelahnhya, Everton selalu berusaha untuk memperkecil ketertinggalan. Walaupun mendapat peluang sebanyak tiga kali, Everton belum mampu mewujudkan harapan itu.

Kekalahan atas Manchester City, membuat Everton harus puas berada di posisi ke delapan dengan perolehan poin sebanyak 24 pada klasemen Liga Inggris 2018-2019.

Susunan Pemain Manchester City : Ederson (GK) Kyle Walker, Nicolas Otamendi, Aymeric Laporte, Fabian Delph, Bernardo Silva, Fernandinho, Ilkay Gundogan, Riyad Mahrez, Gabriel Jesus, Leroy Sane.

Susunan Pemain Everton : Jordan Pickford (GK) Yerry Mina, Kurt Zouma, Michael Keane, Seamus Coleman, Andre Gomes, Gylfi Sigurdsson, Lucas Digne, Bernard, Dominic Calvert Lewin, Richarlison.

Pergantian Pemain : Seamus Coleman (Theo Walcott 57′), Bernard (Ademola Lookman 57′), Leroy Sane (Reheem Sterling 66′), Riyad Mahrez (Kevin De Bruyne 75′), Gylfi Sigurdsson (Tom Davies 8