Nelayan Gorontalo Utara Diminta Merawat Bantuan Alat Tangkap Ikan

60DTK, Gorontalo Utara – Nelayan Gorontalo Utara diminta merawat bantuan alat tangkap ikan.  Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gorontalo Utara, Isjrak meminta agar masyarakat tidak hanya menggunakan saja, tetapi juga perlu memperhatikan perawatannya.

“Jadi masyarakat tidak hanya tahu menggunakannya saja, tetapi harus juga memperhatikan cara untuk merawatnya, agar nantinya alat-alat yang digunakan untuk menangkap ikan tidak mudah rusak,” jelas Isjrak, Kamis (01/07/2021).

Menurutnya, jikalau masyarakat hanya fokus menggunakan alat-alat tangkap, dan tidak melakukan upaya pencegahan ataupun perawatan. Tentunya, kata Isjrak, alat tangkap yang ada akan mudah rusak, dan pastinya dapat menghambat proses penangkapan ikan yang ada.

Nelayan Gorontalo Utara Diminta Merawat Bantuan Alat Tangkap Ikan
Beberapa Bantuan Alat Tangkap Ikan yang Disalurkan Kepada Nelayan di Gorontalo Utara. (Foto: Usman 60DTK)

expo

“Apalagi jaring, jaring itu kalau tidak dirawat dengan baik pasti akan rusak, nah dengan adanya pelatihan perbaikan alat tangkap ini, masyarakat akan lebih paham bagaimana proses perawatan dan juga memperbaikinya,” tegasnya.

Baca Juga: DKP Gorut Beri Pelatihan Perbaikan Alat Tangkap Ikan

Isjrak juga menuturkan, dari segi ekonomis alat tangkap yang dimiliki oleh nelayan, itu tingkat keawetannya tergantung dari cara mereka menggunakannya.

“Dari Segi Ekonomis itu, bisa panjang bisa pendek, artinya kalau dia pendek itu dari segi perawatan, dan pemakaian, otomatis, kan tidak mungkin, setiap pergi melaut mereka membeli alat tangkap baru, itu sama saja dengan pemborosan, sehingga, dengan adanya pelatihan ini, kami lebih menekankan kepada mereka untuk bagaimana bisa alat tangkap yang telah rusak bisa diperbaiki, dan tentunya bagaimana proses perawatannya,” tutup Isjrak. (adv)

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles