Nelson: Petani Harus Bisa Siasati Kemarau, Jangan Hanya Fokus Tanam Padi

60DTK – KABGOR – Untuk mencegah gagal panen saat musim kemarau, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo sarankan petani padi di Kabupaten Gorontalo (Kabgor), khususnya di Kelurahan Bolihuangga untuk tidak hanya fokus menanam padi, tapi juga menanam jenis tanaman lainnya.

“Jangan hanya terus kelola sawah, kalau sudah musim kemarau begini kita bisa tanam yang lain, seperti kacang hijau misalnya, biar petani tetap ada penghasilan,” ujar Nelson saat menyerahkan bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk 110 kepala keluarga di Kelurahan Bolihuangga, Kecamatan Limboto, Selasa (10/09/2019).

Baca : Laila, Berjuang Di Tengah Kemarau

Meski begitu, Nelson tetap mengingatkan bahwa bantuan tersebut hanya bersifat sementara. Menurutnya, hal terpenting yang harus dilakukan adalah bagaimana memikirkan untuk bisa menghasilkan padi sendiri terus – menerus dengan melakukan penyelesaian – penyelesaian masalah yang ada, seperti bagaimana bisa diadakan sumber air yang dapat mengairi lahan pertanian, khususnya sawah.

“Mumpung musim kemarau, kita harus coba perbaiki saluran, dan membuat sumur bor. Selain itu, perlu juga ada pelestarian di daerah hulu yang menjadi sumber air,” tukas Nelson.

 

 

 

Pewarta : Andrianto Sanga
Editor : Nikhen Mokoginta

Comments are closed.