Para Camat Diminta Selidiki Penyebab Warga Alami Gangguan Jiwa

  • Whatsapp
Para Camat Diminta Selidiki Penyebab Warga Alami Gangguan Jiwa
Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin. (Foto: Dok-60DTK)

60DTK, Gorontalo Utara – Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) merupakan individu yang mengalami gangguan jiwa, perilaku, sehingga menimbulkan penderitaan serta menjadi hambatan bagi mereka untuk menjalankan aktivitas orang pada umumnya.

Di Gorontalo Utara sendiri, Bupati Indra Yasin meminta kepada seluruh camat, agar mencari penyebab utama masalah ini.

Para Camat Diminta Selidiki Penyebab Warga Alami Gangguan Jiwa
Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin. (Foto: Dok-60DTK)

“Saya minta,  agar masing – masing camat, segera mencari tahu apa yang menjadi penyebab mereka mengalami gangguan jiwa, sehingga dengan begitu kita bisa tahu dengan pasti apa permasalahannya,” jelas Indra Yasin, Sabtu (22/05/2021).

Tidak hanya itu saja, masing – masing pihak yang sudah di tugaskan oleh Indra, diharapkan bisa membedakan mana Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) dan mana Orang Dengan  Gangguan Jiwa (ODGJ). Dimana Orang Dengan Masalah Jiwa, itu mengalami masalah fisik, mental dan juga sosial.

Baca Juga: Angka ODGJ Tinggi, Indra Yasin Ingin Bangun Rumah Sakit Pemulihan Jiwa

“Saya minta, itu bisa dibedakan mana yang stres dan mana yang hanya pura-pura gila,” sambungnya.

Orang nomor satu di Gorontalo Utara itu, kembali mengingatkan, agar masing – masing pihak yang sudah ditugaskan, bisa segera melakukan pendataan terkait jumlah masyarakat yang mengalami gangguan jiwa di setiap kecamatan.

“Jadi saya minta untuk di klarifikasi kembali bagi mereka yang memiliki gangguan jiwa, untuk datanya di diskusikan, saya tidak mau ada perbedaan data yang ada, dan itu segera dilakukan, di monitor terus perkembangannya,” tegas Indra Yasin. (adv)

Pos terkait