Pemdes Darmorejo Manfaatkan Program PISEW Untuk Bangun Drainase

60DTK, Madiun – Masyarakat Desa Darmorejo, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, menyambut baik penggunaan dana aspirasi Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), untuk pembangunan saluran drainase di 5 RT yang ada di Darmorejo.

Pembangunan drainase yang direncanakan akan sepanjang 1.653 meter tersebut, diharapkan akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat setempat, salah satunya tidak akan ada genangan air di sepanjang jalan desa, setiap kali hujan turun.

Baca juga: Kebahagiaan Buruh Tani Di Darmorejo Saat Terima BLT DD Tahap II

Diketahui, PISEW ini merupakan langkah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), untuk turut mendukung pertumbuhan ekonomi pedesaan melalui penyediaan infrastruktur dasar dengan skema padat karya tunai.

Adapun program PISEW ini dilakukan oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya, untuk mengurangi kesenjangan antarwilayah, pengentasan kemiskinan, memperbaiki tata kelola pemerintah daerah (kabupaten, kecamatan, dan desa), serta memperkuat kelembagaan masyarakat di tingkat desa.

Baca juga: 393 KK di Desa Darmorejo Terima BST Tahap III

Terkait hal ini, Ketua Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Mejayan, Hernanto membeberkan, kecamatan atau desa yang berhak mendapat program PISEW harus memiliki beberapa kriteria, di antaranya berpotensi berbasis agropolitan, fokus meningkatkan sektor ekonomi masyarakat, serta memiliki rencana tata ruang yang searah dengan pemerintah kabupaten/kota.

“Jadi tidak semua kecamatan atau desa bisa mendapat program PISEW seperti pemerintah anggarkan. Hanya kecamatan atau desa yang memiliki kriteria tertentu yang akan mendapat dana tersebut,” ungkap Hernanto, Rabu (26/08/2020).

 

Pewarta: Puguh Setiawan