Pemkab Gorontalo Dapat Pinjaman PEN, Ini Besarannya

  • Whatsapp
Nelson P
Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo (tengah), Saat Menandatangani Naskah Perjanjian Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional, di Ruang Upango Kantor Badan Keuangan Kabupaten Gorontalo, Rabu (30/12/2020). Foto: Andi 60DTK

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo dipastikan mendapat anggaran tambahan dalam menjalankan berbagai program pemerintah daerah selama beberapa tahun ke depan.

Pemkab Gorontalo telah menandatangani naskah persetujuan pinjaman dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI), Rabu (30/12/2020). Dalam perjanjian itu, Pemkab Gorontalo akan menerima pinjaman daerah sebesar Rp. 492 Miliar.

“Terima kasih kepada PT. SMI yang telah memberikan kesempatan kepada kami mendapatkan pinjaman ini. Kami sangat bersyukur bisa mendapatkan pinjaman PEN ini, setelah kurang lebih enam bulan kita ajukan,” kata Bupati Nelson, usai melakukan penandatangan melalui virtual.

Baca Juga: Mulai Besok, Seluruh Tempat Wisata di Kabupaten Gorontalo Ditutup

Nelson mengaku, setelah dana pinjaman dicairkan, Pemkab Gorontalo segera bergerak untuk menjalankan berbagai program pemulihan ekonomi yang telah disusun dalam RKPD tahun 2021 maupun RPJMD 2021-2026.

“Pinjaman ini adalah modal bagi kami dalam membangun Kabupaten Gorontalo pada waktu yang akan datang, khususnya dalam upaya pemulihan ekonomi daerah dimasa pandemi covid-19” pungkas Nelson.

Baca Juga: Gaji Desember Aparat Desa Se-Kabupaten Gorontalo Dibayar Tahun Depan

Pada kesempatan yang sama, Direktur pembiayaaan dan investasi PT. SMI, Sylvi Gani menjelaskan, pinjaman PEN merupakan program pemerintah pusat dalam membantu pemerintah daerah dalam upaya pemulihan ekonomi di daerah maupun nasional, ditengah pandemi covid-19.

Untuk Kabupaten Gorontalo, kata Sylvi, pencairan dana PEN dibagi menjadi dua tahap yakni pada tahun tunggal dan tahun jamak. Adapun jangka waktu pembayaran pinjaman tersebut selama delapan tahun.

“Kami berharap, dana pinjaman ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Gorontalo,” tandasnya. (adv)

Pos terkait