Pendapatan Daerah Kabgor di Tahun 2019 Mengalami Kenaikan

60DTK-Kabupaten Gorontalo: Usai melakukan evaluasi penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah tahun 2019 yang dirangkaikan dengan penganugerahan pengelolaan keuangan daerah, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menyampaikan bahwa pendapatan daerah di Kabupaten Gorontalo secara keseluruhan terhitung naik, baik dari segi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), juga Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Secara keseluruhan pendapatan kita naik, baik pendapatan dari APBD, dana pemerintah dari pusat, dan juga PAD,” ucap Nelson di Gedung Kasmat Lahay Kantor Bupati Gorontalo, Selasa (14/01/2020).

Baca juga: Tingkatkan Pendapatan, Nelson Akan Bentuk ‘Dinas Mencari Uang’ Di Kabgor

Meski begitu, Nelson menuturkan, dalam evaluasi juga memang ditemukan ada pendapatan yang belum mencapai jumlah maksimal, bahkan ada yang mengalami penurunan, meski jumlahnya terhitung sedikit.

“Tetapi ada beberapa yang belum maksimal, dan ada juga yang turun. Ini yang kita lakukan evaluasi,” ujarnya.

Baca juga: 2019 Ini, Nelson Targetkan Investasi Kabgor Capai Rp2 Triliun

Terkait dengan permasalahan tersebut, Nelson pun memberikan lima solusi untuk memaksimalkan kembali PAD, bahkan bisa terus naik setiap tahunnya.

“Yang pertama, data harus akurat. Kedua, meningkatkan sistem pelayanan. Yang ketiga, sumber daya manusia, terutama komitmen serta kejujuran mereka, kemudian yang ke empat itu kelembagaan, dan yang terakhir ini pengawasan,” terangnya mantap. (adv)

 

Pewarta: Usman Dai