Tingkatkan Pendapatan, Nelson Akan Bentuk ‘Dinas Mencari Uang’ di Kabgor

60DTK-Kabupaten Gorontalo: Mengingat berbagai pembangunan di Kabupaten Gorontalo yang masih terkendala karena terbatasnya anggaran, serta terus bergantung pada dana kucuran dari pemerintah pusat, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo bertekad untuk terus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Ia mengungkapkan, kiat pemerintah dalam meningkatkan PAD Kabupaten Gorontalo ke depan, yakni dengan membentuk Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) khusus, yang disebut dengan ‘Dinas Mencari Uang’. Selain itu, Ia juga terus mendorong lahirnya entrepreneur goverment (usaha pemerintah) yang nantinya akan menjadi sumber PAD baru bagi daerah.

Baca juga: 2019 Ini, Nelson Targetkan Investasi Kabgor Capai Rp2 Triliun

Diketahui, PAD Kabupaten Gorontalo saat ini memang terus mengalami peningkatan. Jika awal tahun 2016 hanya berkisar di angka Rp90 miliar, tahun 2019 ini sudah berhasil mencapai Rp200 miliar.

“Namun masih banyak PAD yang belum terkelola dengan baik, bahkan banyak sumber PAD baru yang harusnya bisa digarap untuk meningkatkan kas daerah. Oleh karena itu, ke depan, saya akan dorong bagaimana melahirkan satu dinas khusus untuk mencari uang,” ungkap Nelson.

Baca juga: Tingkatkan Produktivitas Kelapa, Kabgor Buat Sistem Pertanian Terpadu

Baginya, untuk menjadikan Kabupaten Gorontalo menjadi daerah yang mandiri, maka potensi daerah harus dapat dikelola secara maksimal. Seperti Jakarta, Nelson menyebut Ibu Kota Indonesia itu tidak lagi membutuhkan bantuan pemerintah pusat untuk melakukan pembangunan.

“Kita juga akan dorong lahirnya entrepreneur government. Ini semua kita lakukan agar Kabupaten Gorontalo bisa mandiri. Selain itu, pembangunan tidak bergantung dari dana pemerintah pusat, sehingga pembangunan bisa semakin cepat,” tukas Nelson. (adv/rls)

 

Penulis: Andrianto Sanga

Sumber: Humas Pemkab Gorontalo