Pengelolaan Akhir Sampah di Tomilito Belum Sesuai Harapan

60DTK, Gorontalo Utara – Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu mendapati Tempat Pengelolaan Akhir (TPA) sampah di Kecamtan Tomilito, belum sesuai harapan yakni belum menerapkan sistem Sanitary Landfill. Dimana sistem ini merupakan metode pengelolaan atau pemusnahan sampah dengan cara membuang semua sampah di lokasi yang berbentuk cekungan, lalu dikubur.

“Setelah saya tinjau, ternyata TPA yang ada di Kecamatan Tomilito belum menerapkan secara ketat sistem Sanitary Landfill, dan itu dibuktikan dengan masih banyak sampah yang ada,” ungkap Thariq, Selasa (23/02/2021).

Pengolahan Akhir Sampah di Tomilito Belum Sesuai Harapan
Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu Meninjau Tempat Pengelolaan Akhir Sampah di Kecamatan Tomilito, Kabupaten Gorontalo Utara, Selasa (23/02/2021). Foto: Ipin Humas

Untuk itu, Thariq memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), untuk segera menerapkan sistem yang sudah banyak dipakai hampir seluruh Indonesia itu.

“Metode ini sangatlah memberi dampak positif terhadap lingkungan, salah satunya adalah tidak akan menimbulkan bau sampah, dan tentunya bisa kembali di manfaatkan sebagai lingkungan yang hijau,” jelas Thariq Modanggu.

Baca Juga: Bupati Gorontalo Utara Serahkan Bantuan Perahu Kepada Nelayan Fakir Miskin

Thariq pun menegaskan, bahwa nantinya akan segera diusulkan kepada Bupati Gorontalo Utara, agar dapat mengeluarkan kebijakan pembuangan sampah dengan konsep dari rumah/kantor langsung menuju TPA Sampah.

“Sehingga dengan kebijakan seperti itu, tentu produksi sampah akan lebih ditekan, dan kemudian juga akan lebih ramah terhadap lingkungan,” pungkasnya. (adv)

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles