Peringati Haul Ke-50 Bung Karno, Kabupaten Blitar Menuju Wisata New Normal

60DTK, Kabupaten Blitar – Peringatan Haul ke 50 Bung Karno, Bupati Blitar, Rijanto berdiskusi membahas Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif via webinar bersama Kepala Disbudpar Jawa Timur Sinarta, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Kuspardani, Kepala Disparbudpora Suhendro Winarso, dan Ketua Bapparda Kabupaten Blitar Akhsin Al Fata di Pendopo Ronggo Hadinegoro, Sabtu (06/06/2020).

Pembahasan kebijakan pada dua sektor itu dibutuhkan untuk mempersiapkan apa yang akan dilakukan di era New Normal atau Tatanan Kehidupan Baru. Sementara tema yang dibahas yakni “Kabupaten Blitar Menuju Wisata New Normal”.

“Karena pandemi Covid-19, semuanya kita kemas dengan protokol kesehatan. Di sektor pariwisata, untuk persiapan kita tata betul. Jadi sebelum ada petunjuk yang jelas dan tegas dari pemerintah pusat kita sudah persiapan. Contohnya ya melalui webinar ini, nanti masukan-masukan akan banyak sekali kita rumuskan bersama-sama,” kata Bupati Rijanto dalam paparanya.

Baca Juga: Kabupaten Blitar Dapat Perhatian Dari Kementerian Sosial

Rijanto, juga akan merumuskan Peraturan Bupati sebagai dasar untuk menjalankan kebijakan industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Harapannya, kebijakan-kebijakan yang dirumuskan pemerintah kabupaten (Pemkab) Blitar untuk itu nanti mampu membawa kemajuan bagi kabupaten Blitar.

Terkait pariwisata di era New Normal, bupati memaparkan bahwa Kabupaten Blitar tengah melakukan penataan terkait skema dan standart operasional prosedur (SOP) pengelolaan wisata di tengah pandemi.

“Jadi kesempatan ini mari kita bersama-sama membelajarkan diri kita sendiri dan masyarakat maupun orang lain,” tuturnya.

Baca Juga: Bupati Blitar Tebar Nilai-Nilai Pancasila Ke Milenial

Pemerintah Kabupaten Blitar pada momen Haul Bung Karno juga mengadakan sejumlah kegiatan seperti ziarah ke Makam Bung Karno, pagelaran seni, fashion show, dan terakhir Tembang Macapat kelahiran Bung Karno.(rls/adv/kmf)

 

Pewarta: Achmad Zunaidi