Social Distancing dan WFH, KAI Daop 7 Kembali Batalkan Keberangkatan KA

  • Whatsapp
Kereta api jarak jauh saat menunggu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (29/03/2020). Foto : Iqbal S. Nugroho/Merdeka.com

60DTK – Madiun : Untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam mengurangi penyebaran virus corona (covid-19) seperti social distancing dan work from home (WFH), KAI Daop 7 kembali memperpanjang dan membatalkan empat keberangkatan KA ke beberapa kota tujuan.

Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, sejak Rabu (01/02) terdapat 30 KA baik keberangkatan maupun yang melintas di Daerah Operasional (Daop) 7 tidak diberangkatkan. Pembatalan tersebut diperpanjang hingga 30 April 2020.

Bacaan Lainnya

“Sampai Kamis (30/04), PT. KAI menambah perjalanan KA yang dibatalkan. Yaitu Bagunkarta relasi Surabaya Gubeng – Gambir PP, dan Malioboro Ekspres Malang – Yogyakarta PP. Jadi mulai Rabu (08/04) depan, total sudah 30 perjalanan KA lewat Doap 7 yang dibatalkan perjalanannya,” ujar Ixfan, Selasa (07/04/2020).

Ixfan menambahkan, pembatalan KA ini merupakan lanjutan dari beberapa tahap yang sudah dilakukan PT. KAI. Ia menyebut, untuk KA milik Daop 7 yang sudah tidak beroperasi saat ini yakni KA Singasari dan KA Anjasmoro yang keduanya tujuan Jakarta.

“Sedangkan di Stasiun Magetan sendiri, yang masih beroperasi dan berhenti di stasiun tersebut ada KA Matarmaja, KA Sritanjung, KA Brantas dan KA Kahuripan,” tukasnya.

Lebih jauh Ixfan mengungkapkan, sejak diberlakukan physical distancing dan work form home (bekerja dari rumah), volume penumpang di Daop 7 mengalami penurunan drastis. Data dari 15 Maret hingga 1 April 2020 kata Ixfan, sebanyak 14.051 tiket dari Daop 7 Madiun dibatalkan baik tiket individu maupun rombongan.

Ixfan mengimbau, bagi warga yang terlanjut membeli tiket dan ingin melakukan pembatalan bisa melakukannya secara online melalui KA Access agar tidak perlu keluar rumah untuk datang ke stasiun.

“Kebijakan akan terus dilakukan evalusasi mengkuti perkembangan situasi dilapangan. Silahkan warga memanfaatkan untuk mendapatkan informasi lewat conact center kami melalui telepon 121 atau via HP 021-121 dan email cs@kai.id,” imbaunya.

“Selain itu, update tentang perjlanan KA juga kami sampaikan melalui akun resmi sosial media KAI. Juga kami sampaikan melalui akun resmi sosial media KAI (facebook, instagram dan twitter) di @KAI121,” tutup Ixfan.

Pewarta : Achmad Zunaidi

Pos terkait