STB Gratis Untuk Konversi Sinyal TV Digital, Hanya Untuk Keluarga Miskin

  • Whatsapp
Webinar Sosialisasi Program Bantuan STB Kemendagri bersama Kemenkominfo dan dinas terkait dari masing-masing provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia, Jumat (17/06/2022).

60DTK, Gorontalo – Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) hanya akan memberikan set top box (STB) secara gratis kepada keluarga miskin.

Hal itu disampaikan saat pihak Kominfo menggelar  Web Seminar (Webinar) Sosialisasi Program Bantuan STB Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Kemenkominfo dan dinas terkait dari masing-masing provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia, Jumat (17/06/2022).

Bacaan Lainnya

Direktur Jenderal PPI Kemenkominfo, Ismail menegaskan, 6,7 juta STB yang disediakan oleh penyelenggara multiplexing (mux) dan Kemenkominfo akan didistribusikan by name by adress hanya untuk keluarga miskin sesuai kriteria yang telah ditetapkan.

Set top box dibagikan hanya kepada masyarakat miskin. Bagi masyarakat bukan miskin yang tidak masuk kriteria, akan membeli sendiri perangkat set top box-nya, agar tetap bisa dapatkan siaran TV digital,” tegas Ismail.

Oleh karena itu, dalam menentukan masyarakat calon penerima STB gratis pun diperlukan data valid, agar distribusi bantuan STB tidak salah sasaran.

“Arahan Bapak Presiden dalam ratas (read: rapat terbatas) terakhir yang diikuti bapak-bapak menteri, kita diminta untuk melakukan verifikasi dan data yang aktual up to date, dari pemerintah daerah, khususnya pemerintahan desa, kabupaten/kota. Jangan sampai ada masyarakat yang tidak berhak yang menerima bantuan STB ini” lanjutnya.

Ia pun menyebutkan, dari hasil survei yang dilakukan Kominfo beberapa waktu lalu, diperoleh data perkiraan jumlah rumah tangga yang memiliki TV analog sebanyak 56,9 juta, yang memiliki TV digital berjumlah 1,46 juta, dan yang menonton siaran TV analog melalui free to air (siaran gratis/FTA) 28,8 juta. Sedangkan jumlah rumah tangga yang harus membeli perangkat STB atau TV digital mandiri sekitar 22 juta rumah tangga.

“Dari 28,8 juta rumah tangga tersebut terdapat 6,7 juta rumah tangga miskin, terdampak ASO yang masuk dalam DTKS Kemensos,” sebutnya.

Pemberian bantuan STB gratis untuk rumah tangga miskin (RTM) di area ASO ini pun akan diberikan satu unit STB untuk satu RTM.

Pos terkait