Tahun Ini, PUPR Blitar Dapat Jatah Anggaran Rp283 Miliar

60DTK-Blitar: Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Blitar di tahun 2020 mendapat alokasi dana sebesar Rp283 miliar lebih.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Blitar, Puguh Imam Susanto mengungkapkan, dari jumlah anggaran tersebut, saat ini mereka telah siap menggelontorkan dana sebanyak Rp34,134 miliar untuk digunakan dalam Pengadaan Langsung (PL) 223 paket. Sementara yang ditenderkan sebanyak 146 paket dengan nilai Rp167 miliar.

“Dari jumlah paket itu, 83% kita lelang. Mulai dari tahun ke tahun kita sudah tingkatkan. Harapannya, supaya hasil proyek bisa tercapai dengan baik,” terang Puguh saat dikonfirmasi di kantornya, Rabu (15/01/2020).

Baca juga: Pemkab Blitar Imbau Masyarakat Tidak Bayar Uang Parkir Kepada Petugas

Sementara itu, mengenai persiapan lelang, Puguh mengaku bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Layanan Pengadaan (BLP), sehingga bulan ini sudah siap dilelang.

“Kami sudah komunikasi dengan rekan – rekan BLP, mulai persiapanya, paket yang bakal dilelang, serta mekanismenya,” imbuhnya.

Adapun terkait Harga Satuan Barang (HSB) yang tidak sama harganya, padahal dengan pekerjaan yang sama pada dinas lain, Dinas PUPR berinisiatif untuk membuat standar harga yang akan disosialisasikan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya yang memiliki kegiatan fisik.

Baca juga: 3 Organisasi Di Blitar Ini Gelar Program Bedah Rumah Tak Layak Huni

“Ini kan lucu, dengan pekerjaan yang sama dan menggunakan barang yang sama namun harga satuannya berbeda. Untuk itu, kami berinisiatif untuk menetapkan HSB sebagai acuan, supaya tidak ada selisih harga pada pekerjaan yang sama,” ujar Puguh.

Sementara untuk anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) pada bulan Januari 2020 ini juga ada 12 paket yang akan dilelang, yakni 6 paket untuk pekerjaan jalan, dan 6 paket untuk irigasi.

“Alhamdulillah, paket pekerjaan sudah bisa kita mulai di awal tahun. Dengan begitu diharapkan untuk penyerapan anggaran bisa tepat waktu dan segera dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” pungkasnya.

 

Pewarta: Achmad Zunaidi

Comments are closed.