Tangguh Hadapi Covid-19, Bupati Blitar Launching Kampung Tangguh Bencana

60DTK, Kabupaten Blitar – Bupati Blitar didampingi Wabup bersama Forpimda dan beberapa Kepala OPD melaunching Kampung Tangguh Bencana di Rw 3 Kampung Baru, Kelurahan Beru, Kecamatan Wlingi, Rabu (27/05/2020).

Kampung Tangguh ini diadakan, dalam rangka upaya menciptakan kemampuan desa/kelurahan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana, termasuk wabah covid-19.

Disamping itu, menurut Bupati Blitar, Rijanto, hal ini juga sesuai arahan Kapolda seluruh desa di Jawa Timur supaya membentuk Kampung Tangguh Bencana yang tujuannya adalah untuk menghadapi situasi seperti pandemi Covid-19 dengan harapan bisa menghidupkan kegotong  Рroyongan.

Baca Juga: Bupati Blitar Ingatkan Kades Segera Cairkan BLT-DD

Rijanto juga menjelaskan, apabila tidak ada gerakan bersama-sama antara pemerintah dengan masyarakat maka masalah seperti pandemi Covid-19 akan sulit diselesaikan.

“Kampung Tanggung ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dalam rangka pencegahan covid-19 maupun lainya. Sebab, peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam hal penanggulangan sebuah bencana,” tandas Bupati.

Baca Juga: Kabupaten Blitar Distribusi 20.000 Bantuan Sembako

Untuk itu, dalam kesempatanya juga Bupati Blitar mengucapkan terimakasih kepada Babinsa, Babinkamtibnas, Tokoh Masyarakat dan Perangkat Desa Kelurahan Beru yang sudah bekerja sama dengan baik dan bagus dalam mempersiapkan Kampung Tangguh Bencana. (adv/kmf)

 

Pewarta: Achmad Zunaidi

Comments are closed.