Tidak Sulit, Ini Tahapan Peralihan TV Analog ke Digital yang Harus Diketahui

  • Whatsapp
(Foto: Solopos.com)

60DTK – Pada dasarnya, beralih dari tv analog ke tv digital tidak terlampau sulit, selama mengerti tahap-tahapnya. Hal pertama yang harus dilakukan untuk beralih ke tv digital adalah, memeriksa apakah pesawat televisi kita memiliki tuner standar digital video broadcasting-second generation terrestrial (DVB-T2) atau tidak.

DVB-T2 adalah teknologi standar penyiaran tv digital terestrial yang berfungsi untuk menangkap dan menayangkan program-program siaran tv digital. Selain itu, pesawat tv analog juga membutuhkan alat tambahan bernama set top box (STB).

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Set top box (STB) adalah alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara, sehingga dapat ditampilkan di tv analog biasa. STB ini pun sudah mendukung DVB-T2.

Selain itu, jika sudah menggunakan STB, tv tidak lagi membutuhkan antena parabola untuk menerima sinyal digital, cukup hanya dengan menggunakan antena televisi biasa.

Meski begitu, masyarakat perlu memberikan perhatian lebih saat akan membeli STB. Pastikan STB yang dibeli adalah STB dengan keterangan telah tersertifikasi oleh Kementerian Kominfo.

Tanda sertifikasi ini akan memberikan jaminan kesesuaian teknologi, spesifikasi teknis, serta kenyamanan. Pasalnya, jika spesifikasinya berbeda, perangkat tersebut tidak dijamin dapat menangkap siaran tv digital secara optimal, khususnya di Indonesia.

Pos terkait