Wakil Gubernur Sebut Keberhasilan Kota Gorontalo Tidak Lepas dari Dukungan Masyarakat

60DTK – Kota Gorontalo : Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim menyebut, berbagai keberhasilan yang dicapai Kota Gorontalo di usianya ke 292 tahun tidak lepas dari dukungan masyarakat.

“Keberhasilan yang dicapai oleh Kota Gorontalo ini tak lepas dari hubungan baik antara pemerintah daerah dengan seluruh pihak terkait, serta adanya dukungan yang tulus dari seluruh masyarakat”, kata Idris, Kamis (19/03/2020).

Baca Juga : Pemkot Gorontalo Targetkan Ada 10.000 Penghafal Alquran Di Kota Gorontalo

Di bidang ekonomi, Kota Gorontalo tren pertumbuhannya stabil pada angka tujuh persen. Angka itu di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional dan Provinsi Gorontalo.

expo

Begitu pula dengan kapasitas fiskal daerah. Sebelumnya pada tahun 2014 hanya Rp754 miliar, naik menjadi Rp940 miliar pada tahun 2018. Sama pula dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang meningkat menjadi Rp214 miliar pada tahun 2019 dari yang sebelumnya hanya Rp124 miliar pada tahun 2014.

Baca Juga : Pemkot Gorontalo Targetkan Ada 10.000 Penghafal Alquran Di Kota Gorontalo

Di sisi lain, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Gorontalo juga terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Jika pada tahun 2014 APBD hanya sebesar Rp750 miliar, pada tahun 2020 berhasil menembus Rp1,033 triliun.

Sedangkan gini rasio Kota Gorontalo yang berada pada angka 0,38 persen, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2019 mencapai 77,01 persen atau tertinggi ketiga di Indonesia Timur, serta usia harapan hidup mencapai 72,42 tahun.

Baca Juga : Forum Komunitas Hijau Berakhir, Bagaimana Kelanjutan Konsep ‘Kota Hijau’ Kota Gorontalo Ke Depan?

Meski demikian, Idris menilai masih banyak tantangan dan kekurangan yang membutuhkan perhatian dari Pemerintah Kota Gorontalo. Ia berharap, prestasi dan kemajuan pembangunan yang diraih Kota Gorontalo terus ditingkatkan untuk kesejahteraan masyarakat kota pada khususnya.

“Saya yakin dan percaya, Kota Gorontalo pasti semakin maju. Mari kita bersatu dan bersinergi membangun Kota Gorontalo”, tukas Idris.

Baca Juga : Festival Hijau Resmi Di Tutup, Walikota Gorontalo: Tahun Depan Harus Dilanjutkan

Sementara itu, Wali Kota Gorontalo Marten Taha mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo atas dukungan dan kepeduliannya memajukan Kota Gorontalo.

“Terima kasih bapak gubernur dan wakil gubernur Gorontalo yang telah memajukan pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan perekonomian di Kota Gorontalo”, ucap Marten. (adv)

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles