221 PNS di Kabupaten Gorontalo Diambil Sumpah

60DTK-Kabupaten Gorontalo: Sebanyak 221 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Gorontalo (Kabgor), mengikuti acara pengambilan sumpah/janji PNS di Gedung Kasmat Lahay Limboto, Rabu (19/02/2020).

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, PNS adalah ‘motor’ penggerak pembangunan dan pelayanan. Bahkan menurutnya, arah perkembangan negara dan daerah ke depan juga berkaitan erat dengan peran PNS.

Baca juga: Guru Dan Tenaga Medis Akan Diprioritaskan Jadi PNS Tahun Ini

Pasalnya, berbagai pembangunan, khususnya di daerah yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi, semuanya dilakukan oleh PNS, meski juga tidak lepas dari peran masyarakat.

“Oleh karena itu, ASN yang sudah dipercayakan oleh negara, bahkan oleh rakyat, harus bekerja dengan baik dan setulus hati. Dengan begitu, kita punya kinerja yang baik. Karena gaji yang kita terima ini dari negara dan rakyat,” ujar Nelson dalam sambutannya.

Baca juga: Ridwan Yasin: ‘Kaya’ Bukan Kodrat PNS

Selain memahami etika, Nelson juga mengingatkan agar PNS dapat mematuhi segala peraturan yang ada. Meski tidak menyebut secara langsung, menurut Nelson, PNS berbeda dari pegawai maupun profesi lainnya.

“Harus bangga menjadi ASN. Kalau kita sendiri tidak bangga dengan itu, maka dari situ awal dari kinerja kita buruk. Orang profesional itu bangga dengan apa yang Ia kerjakan. Apalagi sekarang ini menjadi PNS sulit,” harap Nelson.

Baca juga: Indra Yasin Minta CPNS Yang Lulus Untuk Profesional Dalam Bekerja

Di akhir sambutannya, sebagai kepala daerah, Nelson meminta agar PNS di lingkungan Kabupaten Gorontalo dapat menjaga marwah Kabupaten Gorontalo sebagai daerah tertua, daerah dengan jumlah penduduk terbanyak, bahkan daerah yang terletak di garis sentral Provinsi Gorontalo.

“Saya juga menyampaikan selamat karena anda sudah menjadi PNS sekaligus sudah berjanji pada negara dan bangsa, termasuk daerah,” tukasnya.

Baca juga: Thariq Jadi Pemateri Latsar CPNS Di Badan Diklat Provinsi Gorontalo

Diketahui, jumlah PNS yang diambil sumpah tersebut adalah 145 CPNS tahun 2019 yang diangkat menjadi PNS, serta 76 PNS yang belum disumpah sebelumnya. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Comments are closed.