Bupati Blitar Salurkan BLT Ke 5 Desa

  • Whatsapp
Bupati Blitar, Rijanto, saat menyerahkan BLT secara simbolis ke warga di Desa Boro, Kecamatan Selorejo, Sabtu (9/05/2020). (Foto - Istimewa)

60DTK, Kabupaten Blitar – Bupati Blitar, Rijanto, membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) secara simbolis ke Desa Jembepawon dan Plumbangan di Kecamatan Doko; Desa Sukoanyar dan Pagergunung di Kecamatan Kesamben; serta Desa Boro di Kecamatan Selorejo, Sabtu (9/05/2020).

Diketahui, penerima bantuan ini, sebelumnya sudah dimusyawarahkan melalui Musyawarah Desa (musdes), yang hasilnya ditandatangani oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Baca juga: Bupati Blitar Salurkan Bansos Untuk 3.000 Masyarakat Mulai Dari Kecamatan Wlingi

“Melalui Musdes, bantuan ini diambil dari dana desa yang ada di APBDes, dan kita secara bergantian akan meninjau proses penyalurannya di setiap desa, serta memastikan apakah sudah tepat sasaran atau belum,” ujar Bupati Blitar, Rijanto kepada awak media di sela-sela penyaluran bantuan.

Ia juga mengatakan, masyarakat yang menerima BLT dana desa ini adalah masyarakat yang terdampak Covid-19, dan belum pernah mendapat bantuan dalam bentuk apa pun. Adapun besaran bantuan tersebut adalah Rp600 ribu, yang akan diberikan selama tiga kali, mulai bulan Mei, Juni, dan Juli.

Baca juga: Bupati Blitar Hadiri Rapat Pembahasan LKPJ 2019 Bersama DPRD

Terlepas dari itu, Ia juga mengungkapkan apresiasinya terhadap para kepala desa, BPD, RT/RW, dan LPMD, yang telah melaksanakan petunjuk presiden, menteri, hingga bupati, dalam merealisasikan bantuan tunai desa yang bersumber dari dana desa.

“Program ini sebelumnya ditetapkan untuk pembangunan desa. Setelah adanya instruksi presiden sampai peraturan menteri agar dilakukan refocusing dan relokasi sebagian anggaran untuk masyarakat yang kurang mampu dalam bentuk BLT,” ungkapnya.

Baca juga: Ini Langkah Bupati Blitar Terkait Warganya Yang Positif Corona

Diketahui, sebelumnya Rijanto juga sudah memastikan kelancaran penyaluran Bantuan Sosial (bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia, di Kantor Desa Lorejo, Kecamatan Bakung, Kamis, 7 Mei 2020 kemarin. (adv/kmf)

 

Pewarta: Achmad Zunaidi

Pos terkait